Marketing Agency Ramadan Ala IDN Creativa

Assalammualaikum.Wr.Wb

Halo apakabar sahabat Emak Cantik, semoga selalu sehat ya dan tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik. Tetap sering mencuci tangan, menjaga jarak dan tentu saja menggunakan masker. Waspada terhadap virus corona, karena si virus belum pergi.

Umat islam, sebentar lagi akan merayakan bulan puasa Ramadan. Keluarga muslim tentu saja akan menyambut gempita bulan penuh berkah ini bersama anggota keluarga lainnya. Melakukan banyak hal bersama keluarga selama bulan Ramadan tentu akan menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan dan bisa menjadi kenangan di masa depan.

Sesuai dengan ajuran pemerintah untuk lebih banyak beraktivitas dan melakukan ibadah di rumah. Hal ini tentu saja akan berpengaruh juga pada  kehidupan religius masyarakat, bulan Ramadan juga berpengaruh pada pola perilaku masyarakat pada umumnya. Kebutuhan internet selama bulan puasa bagi keluarga, tentu saja akan meningkat.

idn media


Sama seperti bulan-bulan sebelumnya. Di bulan puasa ini, tentu saja waktu luang tersebut juga akan kita gunakan lebih banyak melakukan kegiatan online surfing. Mulai dari mencari tahu dan menambah pengetahuan seputar puasa, misalnya membaca atau menonton kembali panduan ibadah puasa, melihat beraneka ragam menu sahur, menu takjil hingga berburu kue dan baju lebaran. Yah, banyak waktu digunakan untuk berburu , belanja online keperluan puasa dan lebaran.

Apalagi banyak sekali promo, diskon dan iklan yang menarik dari berbagai brand. Akan membuat banyak orang menjadi gila belanja keperluan untuk puasa dan lebaran. 

Perubahan pola perilaku di momen Ramadan tersebut tentunya juga ditemukan di kalangan generasi millennial dan Z. Brand pun berlomba-lomba mencuri perhatian kelompok usia dengan daya beli tertinggi di antara generasi yang lain ini. 

Untuk membantu brand ataupun para pelaku bisnis lainnya untuk mempertahankan relevansi sekaligus mencuri perhatian generasi millennial dan z, berikut adalah beberapa insight yang dibagikan oleh IDN Creative, agensi digital multi-platform yang fokus pada brand storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online. Apa saja, ya?


idn media
Rabaitur Rasyid, Head IDN Media



1. Speak Their Language

Ramadan di rumah  akan membawa beberapa perubahan pada perilaku konsumsi digital generasi millennial dan z di Indonesia. Oleh karena itu brand perlu memiliki kemampuan untuk menyampaikan brand message. Bagi IDN Creative, brand harus memberi perhatian khusus pada topik-topik yang secara aktif mereka cari dan konsumsi selama Ramadan.

Menghubungkan topik-topik yang sedang hype ke dalam brand message mampu menciptakan kedekatan tersendiri dengan target audiens. Menurut penelitian IDN Creative, konten yang bersifat ringan rupanya 2x lebih banyak dicari oleh generasi millennial dan Z di Indonesia; pencarian konten dengan topik hiburan juga meningkat sebanyak 6x dari biasanya. Dalam case IDN Media, artikel yang berjudul “5 Alasan Jangan Nonton Drama ‘World of Marriage’ Pas Puasa” tentu menjadi bacaan yang pas untuk menemani mereka saat menunggu waktu berbuka.


2. Go hyper-local, go hyper-relevant

Dengan banyak waktu luang di rumah dan melakukan banyak hal di rumah. Membuat banyak orang melakukan sendiri saat menyiapkan berbagai keperluan puasa. Misalnya saja menyiapkan  menu sahur, membuat aneka takjil untuk berbuka puasa. Bahkan banyak orang yang mendadak masak selama bulan puasa. Berbekal panduan berbagai video  masak di berbagai platform media sosial. Banyak orang mencoba untuk memasak sendiri berbagai menu sahur dan buka puasa. 

Bahkan banyak yang membuat kreasi baru. Bukan itu saja, saat membuat kreasi masakan tersebut, banyak orang yang juga mempostingnya di media sosial. Saat banyak yang memberikan like dan komentar. Maka aktivitas posting akan semakin sering dilakukan. Jadi makin rajin untuk membuat kreasi makanan lainnya.

Bahan-bahan yang digunakan di dalam berbagai postingan kreasi masakan tersebut. Tentu saja akan dicari dan dibeli oleh banyak orang. Sebab banyak orang yang juga ingin mencoba memasak, membuat kreasi makanan yang barusan ia tonton. Hal ini membuat brand bahan makanan tentu saja akan semakin laku produknya.

Oleh karena itu sebelum puasa pun, sudah banyak brand-brand yang membagikan berbagai video postingan kreasi makanan dengan menggunakan bahan-bahan produk mereka. Video atau foto-foto tersebut dibuat semenarik mungkin dan informatif sehingga netizen bisa meniru membuatnya di rumah.

Salah satu yang dilakukan oleh  IDN Creative tahun lalu adalah menghubungkan brand susu kental manis tersebut dengan Yummy, salah satu unit bisnis IDN Media yang fokus pada konten kuliner, untuk menstimulasi eksplorasi resep menggunakan produk Indomilk dari para audiens. 

Pada intinya, brand harus mampu menyampaikan cerita yang tepat, kepada orang yang tepat, melalui media yang tepat, dan pada waktu yang tepat. Sehingga banyak orang tergerak untuk membeli, membuat kreasi makanan dengan bahan tertentu.


idn media
Team Solid IDN Creativa


3. Tailor-made your stories

Menurut IDN Creative, terlalu banyak generalisasi pada konten tak akan menghasilkan output yang optimal. Perlu diingat bahwa generasi millennial dan Z bahkan memiliki perilaku dan preferensi yang berbeda. Oleh karena itu sebaiknya brand juga memiliki berbagai akun media sosial dan memposting produknya di berbagai patform tersebut.

Saat ini ada begitu banyak paltform media sosial yang bisa digunakan untuk publikasi Netizen akan memilih sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya, untuk pengguna Tiktok, tentu ia akan lebih sering akses Tiktok karena hanya dengan melihat video dengan durasi sekitar 15 detik. Ia sudah mendapatkan berbagai informasi cara membuat berbagai menu buka puasa dan sahur. Tidak perlu menonton video hingga berjam-jam. Yang penting informasi yang ia butuhkan sudah ia dapatkan.

Di IDN Media sendiri, topik konten yang sama mengenai menu berbuka puasa bisa disajikan dalam bentuk berbeda sesuai dengan karakter audiens di masing-masing publisher. Text-based content berjudul “5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil” yang dipublikasikan di IDN Times , kemudian juga ditayangkan di Popmama.com. Jadi sebaiknya buatlah berbagai konten dengan tema yangsaa untuk di posting di berbagai platform media sosial.


Tentang IDN Creative

IDN Creative adalah agensi digital multi-platform yang fokus pada brand storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online.

Tentang IDN Media

IDN Media adalah perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, dengan lebih dari 60 juta Monthly Active Users (MAU). Visi kami adalah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

Kontak

Zefanya Deby

Head of Communications zefanya.deby@idntimes.com 081315658052

Saraya Adzani

Senior PR & Partnership Associate saraya.adzani@idntimes.com 081218862176


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Marketing Agency Ramadan Ala IDN Creativa"

Posting Komentar