Cara Masak Sayur Bening Sawi Putih

Masak Sayur Bening Sawi Putih

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Emak Cantik ? Semoga selalu sehat ya dan bersemangat menjalani aktivitas selama masa pandemi ini. Mari kita tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik, tertib seperti selalu menggunakan masker, mengurangi berkerumun dan selalu  mencuci tangan.

Kali ini Emakcantik akan berbagi salah satu masakan simple yang disukai oleh Adek Nasya. Sayur bening Sawi Putih. Memang di antara Athifah dan Annasya. Yang lebih suka makan sayur itu Annasya. Apalagi sayur Sawi Putih ini. Ia doyan sekali, dengan kuah bening gurihnya. Bisa makan berkali-kali nih dedek Nasya.

sawi


Kenalan dulu ya sama Sayur Sawi Putih

Secara umum, sayur ini mudah sekali kita temukan dan beli di pasaran. Harganya yang terjangkau serta awet menjadi pilihan para ibu untuk stok sayuran di kulkas. Bahkan sayur Sawi Putih ini pernah saya simpan di meja dapur saja. Tetap awet tanpa harus disimpan di lemari pendingin.

Sebagian orang menyebutnya dengan nama lain, seperti di kota Bengkulu. Lebih dikenal dengan nama Sayur Senter. Mungkin karena bentuknya mirip senter.


sawi


Ada juga yang menyebutnya setelah demam Drakor melanda negeri pancasila ini,  banyak yang menyebut dan lebih mengenalnya dengan sebutan sayur Kimchi. Yah, di negara Korea Selatan. Sayur ini banyak diolah menjadi Kimchi. Bahkan saya pernah melihat di televisi bagaimana orang Korea Selatan membuat Kimchi. 

Ternyata mereka bisa membuat Kimchi dalam jumlah banyak dan dijadikan stok makanan musim dingin. Saya sendiri pernah juga makan Kimchi, rasanya setelah makan Kimchi badan hangat. Tapi kalo diminta membuat Kimchi sendiri, mungkin saya belum bisa. Sebab butuh waktu yang lama dan harus telaten juga.


Kandungan Sawi Putih Bagi Kesehatan

Sayuran ini mengandung karbohidrat, serat, protein, dan berbagai vitamin serta mineral penting. Vitamin dan mineral yang terkandung di sawi putih adalah vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, E, K, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, dan natrium.

Wah, kalo begitu kurang tepat ya mengkonsumsi Sawi Putih dengan Mie Ayam, sebab akan dobel kandungan karbohidratnya. Apalagi kalo jumlahnya banyak. Dan ini juga yang menyebabkan kalo makan sayur sawi putih. Membuat kita cepat kenyang dan bisa tahan lapar agak lama. Ternyata Sawi Putih mengandung karbohidrat juga.

Ok, baiklah sekarang sesuai dengan cerita awal saya di atas, kali ini akan berbagi resep masak sayur bening Sawi Putih. Yuk, simak bahan-bahannya serta cara memasaknya.


Sayur Bening Sawi Putih


Bahan-bahan yang diperlukan

Air untuk kuah

Sawi putih dipotong kecil, tapi ini menyesuaikan dengan selera masing-masing

Irisan Bawang Daun

Irisan Tomat

Bawang Putih Halus


bawang




Cara memasaknya

Pertama, masak atau rebus air sekitar 500 mi. Setelah mendidih masukan bawang putih halus. Lalu diaduk hingga rata. 

Kedua, masukan potongan Sawi Putih, lalu aduk hingga merata. Tunggu sampai agak lembut

Ketiga, masukan garam, penyedap atau kaldu jamur secukupnya

Keempat, masukan irisan bawang daun dan tomat. Diamkan sejenak. Lalu diangkat.


sawi


Sajikan di mangkok dan nikmati sayur Sawi Putih dengan nasi putih hangat. Lalu makan secara perlahan disertakan sayur dan kuahnya ke dalam sendok saat akan makan. Menikmati hidangan berkuah memang lebih enak jika menggunakan sendek.

Nah, itulah cara masak sayur bening Sawi Putih kesukaan Adek Nasya. Silakan dicobain resepnya. Rasa Sawi yang enak dan kalo dimakan kayak makan keripik karena ada bunyi-nya inilah yang membuat banyak orang menyukainya. Termasuk adek Nasya.

Oh, ya saat mengolah atau masak Sawi Putih sebaiknya tidak terlalu lama, agar rasa dan kandungan gizinya tidak berubah atau hilang.

Selamat mencoba...



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Masak Sayur Bening Sawi Putih"

Posting Komentar