Mengapa Gunakan Pembalut Kain ( Cuci Ulang)


Assalammualaikum.Wr.Wb

Dear Emak Cantik, gimana kabar siklus menstrusinya. Apalah lancar dalam setiap bulan atau ada yang tidak lancar.

Ada sebagian orang mempunyai siklus menstruasi yang panjang dan ada sebagian lagi memiliki siklus menstruasi yang pendek. Bahkan pada satu orang perempuan, bisa memiliki dua siklus sekaligus.

Lamanya masa datang bulan bervariasi sih, namun biasanya kisaran 3-7 hari saja. Tetapi ada juga yang sampai sepuluh hari.

Banyak faktor yang mempengaruhi lancar tidaknya keluar darah haids an juga lamanya asa haid seseorang. Salah satunya, faktor yang paling umum adalah pengaruh psikologis seorang perempuan atau tingkat tekanan ( stress) seorang perempuan. Akan sangat mempengaruhi siklus dan lamanya menstruasi seorang perempuan. Meski pun ada banyak faktor lainnya juga yang saling berkaitan.

Gunakan Pembalut Saat Datang Bulan

Secara umum setiap perempuan yang datang bulan akan menggunakan pembalut untuk menampung darah mens tersebut agar tidak tembus di celana dalam, pakaian bahkan bisa menyebabkan bocor atau darah bececeran.

Sungguh repot jika sedang datang bulan, lalu darahnya berseliweran dimana-mana. Oleh arena itu seorang perempuan membutuhkan pembalut. Untuk menampung darah bulanan tersebut.

Menggunakan pembalut ini sudah dikenal oleh leluhur kita sejak zaman dulu. Para perempuan menggunakan kain sebagai pembalut. Almarhum Emak saya, menyiapkan pembalut kain ini dari bahan kain katun yang lembut dan mudah dicuci. 

Nama pembalut pemberian emak saya disebut dengan nama DUK. Mungkin ada teman-teman sekalian yang juga menggunakan pembalut kain bikinan sendiri sejak dulu.

Emak saya membuatnya secara khusus, ukurannya juga agak panjang dan ke dua sisi pingirnya di jahit dengan rapi. Jadi tidak repot untuk dilipat saat digunakan.

Sejak dulu juga banyak dijual berbagai merek pembalut sekali pakai. Banyak perempuan yang terbantu dengan adanya pembalut sekali pakai ini. Sebab lebih praktis dan tidak repot untuk mencucinya seperti pembalut kain.

Harga pembalut sekali pakai ini juga beragam, tergantung merk an ukuran. Bahkan ada yang sangat murah sekali, tidak sampai seribu rupiah satu lembarnya.

Bahaya Pembalut Sekali Pakai, Beralih Pakai Pembalut Kain

Sejak banyak beredar informasi mengenai efek samping menggunakan pembalut sekali pakai di berbagai media. Terutama bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan. Membuat tren penggunaan pembalut kain semakin naik.

Banyak orang yang tertarik dan beralih untuk menggunakan pembalut kain. Banyak produsen yang membuat pembalut kain ini dengan berbagai model dan bahan. 

Bagian atas pembalut dengan ayap bagian bawah pembalut tanpa sayap

Ada desainnya yang bermotif, ada yang polos. Lalu ada yang menggunakn sayap seperti pembalut sekali pakai dan ada juga yang biasa, tanpa sayap.

Keunggulan Pembalut Kain

Ada beberapa keunggulan menggunakan pembalut kain. Ini dalah keunggulan pembalut kain yang akan saya bahas berikut ini

1. Higienis
2. Memiliki daya serap yang tinggi
3. Tidak menyebabkan iritasi
4. Ramah lingkungan
5. Mudah dibersihkan/dicuci
6. Setelah dicuci ulang tidak menimbulkan noda
7. Bahan luar dalam terbuat dari kain kaos bermutu/berkualitas
8. Harga terjangkau dan hemat
9. Lembut , aman dan nyaman dipakai
10. Bisa digunakan untuk nifas

Nah, salah satu pembalut kain yang lagi naik daun itu adalah yang akan saya uraikan berikut ini. 

Dengan tagline yang biasa saya sampaikan bahwa dengan pembalut kain bisa dipakai ulang berkali-kali setelah di cuci.


Dalam satu pak berisi enam lembar. Ada dua jenis

Pertama, berisi enam lembar , semuanya bersayap
Kedua, berisi  enam lembar, tiga lembar mempunyai sayap sedangkan tiga lagi tidak menggunakan sayap.

Ukurannya 27 cm, lumayan panjang ya!

Sayap pada pembalut kain, dilengkapi dengan kancing sehingga mudah dikaitkan di celana dalam. Kancingnya terpasang dengan baik dan kuat. 

Dalam satu pak berisi, dua variasi warna. Bisanya warna tua dan muda. Misalnya, warna biru tua dan biru muda.

Oh, ya cara merawat atau mencuci pembalut kain ini juga sangat mudah. Sama halnya dengan cara kita mencuci pakaian seperti biasa. Bersihkan dulu noda darah yang menempel. Lalu dicuci seperti layaknya kita mencuci pakaian.  Dengan menggunakan detergen. Setelah noda bersih, dibilas berkali-kali. Lalu dijemur seperti biasanya, di bawah terik matahari

Jika ingin memiliki pembalut ini, silakan hubungi WA 082177993000. Satu kilo terdapat 5 pak pembalut . Pengiriman bisa dilakukan kemana saja bahkan ke luar negeri. Sebab saya sering juga mendapatkan orderan dari WNI yang ada di Hongkong. 

Harga untuk satu lembar pembalut kain ini, seharga satu gelas minuman bubble yang sering kita minum. Meski harga sama, namun pembalut kain bisa dipakai berkali-kali loh. Jadi lebih hemat. 

Pilihan dan kombinasi pembalut kain atau cuci ulang

Ok, ya yang masih ragu untuk beralih ke pembalut kain, saran saya dicoba aja dulu perlahan-lahan. Bisa juga dimulai dengan kombinasi atau selang-seling. Saat datang bulan, hari  pertama gunakan pembalut sekali pakai, lalu esok harinya menggunakan pembalut kain. Atau saat berada di rumah, gunakan saja pembalut kain. 

Pelan-pelan saja, nanti juga akan terbiasa

Salam Sayang
EmakCantikku


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Gunakan Pembalut Kain ( Cuci Ulang)"

Posting Komentar