Mau Tahu Hal-hal yang Perlu diperhatikan dalam Maintenance dan Penggunaan Data Center Indonesia?

Mau Tahu Hal-hal yang Perlu diperhatikan dalam Maintenance dan Penggunaan Data Center Indonesia?

Pusat data disebut pula oleh banyak orang sebagai data center merupakan lokasi yang aman untuk melakukan hosting web server. Pengelolaan data center Indonesia biasanya akan menambahkan peluang efisiensi biaya, hal tersebut juga mempengaruhi kecepatan tim IT untuk mendukung bisnis, pelayanannya ditawarkan oleh konsultan data center Indonesia seperti NEX. 

Contoh nyata yaitu pada bank yang berencana untuk menambahkan service internet banking bagi nasabah. Langkah itu berpengaruh pada meningkatnya data yang akan muncul. Peningkatan jumlah arsitektur IT pun terjadi, seperti server, storage, dan network yang dibutuhkan. 


Pada banyak kasus, biasanya pengelola data center Indonesia akan memiliki cadangan kapasitas di dalam pusat data itu, antara lain berupa server, space atau ruangan ataupun hal lain yang sudah disiapkan bila suatu saat bisnis menuntut penambahan aplikasi di data center. 

Oleh karena itu terdapat beberapa hal penting dilakukan  terkait maintenance dan penggunaan data center, diantaranya:

Adanya pengelolaan device naming

Penamaan device didasarkan yaitu :

Pentingnya NIS (Network Information Service)

Komponen ini digunakan menyimpan data profil user dan biasa disebut dengan yellow pages. NIS juga biasanya mengijinkan para pengguna dan aplikasi melalui jaringan dalam menemukan berkas ataupun aplikasi dimanapun di sebuah jaringan dengan mengakses server NIS terpusat.



Pentingnya NIS +

Apabila NIS dirasakan memiliki kekurangan pada segi keamanan, SUN mengeluarkan NIS+ yang kemudian mendukung pada segi keamanan

Pentingnya DNS (Domain Naming System)

Ialah sebuah distribusi pada sistem database yang digunakan oleh NEX untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan dengan penggunaan TCP / IP. Keuntungan melalui penggunaan DNS adalah memudahkan pengguna dalam mengingat IP, penamaan konsisten / tidak berubah, hingga satu user satu domain. 

Struktur domain juga menggambarkan hirarki pengelompokan domain berdasarkan nama, yang terbagi dalam beberapa bagian, yaitu diantaranya root level domains, second level domains, host names.
Pentingnya LDAP (Lightweight Directory Access Protokol)

LDAP ialah service direktori yang berjalan di dalam layer TCP / IP. LDAP menggambarkan protokol yang mengatur pengaksesan layanan direktori dalam rangka mendeskripsikan berbagai informasi. 

Fungsi LDAP kemudian mampu memberikan hak akses pada direktori. Direktori pun memiliki berbagai informasi (merupakan suatu database tempat penyimpanan data), seperti halnyadirektori dapat berupa phone book



Adanya Load Balancing

Ialah suatu tata cara untuk membagi kinerja server sehingga mampu mengurangi beban server. Load balancing dapat berupa atau terdiri atas software maupun hardware.

Keuntungan dari Load balancing diantaranya yaitu : 

  1. Toleransi kesalahan pun dapat diperhatikan
  2. Kesempatan layanan lebih baik
  3. Performance yang lebih berkualitas
  4. Scalabilitas yang meningkat
  5. Fleksibilitas yang tinggi
  6. Melakukan penghematan
  7. Memperhatikan aspek keamanan


RAID

RAID sebagai sebuah implementasi toleransi kesalahan pada media penyimpanan / disk sehingga mengurangi redundansi data (Akses ataupun proses). RAID terdiri atas lima tipe, yaitu RAID 0 (stripping), RAID 1 (mirroring), RAID 2 (humming), RAID 3 (yaitu RAID pengecekan disk tunggal dalam kelompok disk, penggunaan sudah lebih dari 3 disk), RAID 4 (RAID yang melakukan pembacaan dan penulisan secara independen),RAID 5 (menggambarkan sebaran data dan paritas ke semua drive)

Penggunaan RAID pada server pada data center Indonesia sesuai kebutuhan, karena setiap server memiliki spesifikasi yang berbeda. Pastikan untuk selalu menggunakan jasa dari NEX untuk memperoleh kualitas yang terbaik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Tahu Hal-hal yang Perlu diperhatikan dalam Maintenance dan Penggunaan Data Center Indonesia?"

Posting Komentar