6 Tips Membuat Orang Tua Senang Ala Yuniar Djafar

Assalammualaikum.Wr.Wb

Dear Emak Cantik, kali ini saya mau berbagi seuah postingan yang dibuat oleh sahabat saya Mba Yuniar, kalo lihat dari tahun kelahiran. Ini sama rata-rata dengan teman-teman saya di sekolah. Biasanya yang namanya di sekolah, ya di sapa Ibu. 

Sebelumnya mau cerita dulu yah, jadi tempo hari bulan April saya buat kelas blog buat Emak-emak di se Indonesia raya. Lalu kami sepakat untuk membuat kegiatan menulis yang kami beri nama Arisan Link Mamah.

Nah, kali ini kebetulan pemenangnya adalah Mba Yuniar Djafar ini loh.

Jad kita kenalan dulu yah sama Bunda Yuniar Djafar ini yang kelahiran Surabaya pada tanggal 27 Juni. Yah, ulang tahunnya sudah lewat.


Dilahirkan dan besar di kota Surabaya, Mba Yuniar ini menyelesaikan pendidkannya di kota Surabaya juga. Coba cek mungkin ada yang satu angkatan sama beliau,

Pendidikan: 

  1. SDN No. 226/Simpang 3 Surabaya.
  2. SMPN 9 Surabaya
  3. SMAN 5 Surabaya
  4. D3 Manajemen Pemasaran, Fak. Ekonomi Unair.


Wow, alumni fakultas ekonomi, wajar dong ya kalo Mba ini punya usaha atau bisnis yang ia beri nama Etima Fashion. Bisnis ini juga beliau kembangkan di kota Surabaya dan menjangkau ke seluruh penjuru tanah air.

Salah satu bentuk produksi Etima ini adalah aneka jilbab. Alhamdulillah beberapa waktu lalu, saya diberikan hadiah persahabat oleh Mba Yuniar. Beliau memberi saya dua buah jilbab. Satu bewarna hitam sedangkan satunya lagi bewarna merah marun. Kedua jilbab ini sudah saya pakai dan pergunakan untuk kegiatan santai. Sebab sangat praktis dan mudah juga perawatannya. Bahkan jarang saya setrika, hahaha.

Saya salut dengan Mba Yuniar ini, selain mengelolah bisnis yang tentu saja membutuhkan waktu khusus. Beliau juga ternyata masih suka menulis blog.

Jilbab yang saya pakai ini adalah pemberian Mba Yuniar loh, cantik yah

Salah satu tulisan beliau yang akan saya bagikan di postingan saya kali ini adalah. Bagimana membuat orang tua senang. Beliau punya tisp khusus yang juga akan saya bagikan kepada Emak Cantik sekalian.

6 Tips Membuat Orang Tua Senang Ala Yuniar Djafar

1. Bareng-bareng Ngaji.

Mengajak orang tua mengaji bersama, saling menyimak atau membacakan dengan sabar dan santun. Misalnya membaca Surat Al Kahfi pada setiap hari Jumat.

2. Menemani Dalam "Project" Beliau. 

Mba Yuniar bercerita, kalo sang Ibu. Pada tiap hari hampir setiap Jum'at Ibu membagi-bagikan nasi bungkus. Tidak banyak, yang sering sekitar 10 bungkus. Biasanya beliau masak dan siapkan sendiri nasi-nasi bungkus itu. Saya hanya membersamai beliau saat membagikannya. Dengan naik becak kami membagi-bagikannya kepada para tukang becak di sekitar rumah kami.

Mengapa tukang becak? "Kasihan, sekarang sangat jarang orang naik becak," begitu alasan beliau.

3. "Jalan-jalan". 

setiap orang tua punya kesenangan sendiri. Oleh karena itu kita bisa menyesuakan. Istilah saja kalau disebut jalan-jalan. Yang bener sih, "becak-becakan" atau berbecak ria. Ibu saya senang bila ditemani belanja ke pasar naik becak. Sebenarnya ada penjual sayur di dekat rumah yang jaraknya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Tapi memang berbelanja atau "jalan-jalan" dengan naik becak adalah hal yang bisa membuat wajah beliau berseri-seri. Bersukur kami memiliki tukang becak langganan yang mempunyai telepon selular. Jadi saat membutuhkan jasanya kami tinggal telpon saja. Alhamdulillah.

4. Menemani Makan. 

Ibu sangat senang jika ditemani saat makan apalagi jika makannya di bawah, lesehan beramai-ramai. Sayangnya, Mba Yuniar baru bisa menerapkan ini saat liburan. Karena hanya pada saat liburan anak-cucu beliau baru bisa berkumpul ramai-ramai.

5. Shalat Berjamaah. 

Ya, shalat berjamaah juga bisa menjadi bagian dari menemani. Pengalaman Mba Yuniar, beliau sering berjamaah. Di rumah saya yang mengambil posisi imam dan beliau makmum. Dan biasanya wanti-wanti beliau sebelum shalat dimulai adalah, "Sing banter yo, aku gak kerungu" artinya Ibu meminta supaya suara saya dikeraskan agar beliau bisa mendengar 

6. Menonton Televisi.

Ini ada cerita Mba Yuniar, sebenarnya ini adalah hal yang agak sulit bagi saya. Menemani menonton TV! "Singgasana" Ibu saya terhampar pada sebuah karpet merah di depan televisi. Singgasana itu adalah 2 boneka yang cukup besar ditumpuk lalu di atasnya masih ada 1 tumpukan lagi, yaitu sebuah bantal kecil. Dengan kepala di atas boneka-boneka dan bantal itu biasanya beliau tiduran sambil menonton televisi atau menonton televisi sembari tiduran, ya? Hehehe. Nah, ada kalanya beliau meminta ditemani tetapi jujur, saya jarang bisa bertahan lama menemani kegiatan ini. Mengapa? Karena volume televisi bisa mencapai 30 kalau sudah begitu.

Bagaimana dengan 6 tips di atas, apakah bisa kita terapkan. Alhamdulillah kalo yang masih punya orang tua tentu saja bisa mencoba melakukannya. Namun bagi saya dan mungkin anak yang lainnya yang orang tuanya meninggal, tentu saja tidak bisa lagi. Kecuali berdoa dan tentu saja menahan rindu.

Jujur saja saat menuliskan ini,saya juga merauang-raung menangis sembari menyebut Emak,s aya kangen melakukan banyak aktivitas dengan beliau.

Saya pun kadang hanya menyebut Emak saja, saya sudah meleleh dan terisak. Nama itu sejuta makna bagi saya dan juga tentu saja bagi anak-anak yang lainnya.

Oh, ya jika kamu ingin kenal lebih jauh dengan Mba Yuniar bisa kepoin blognya dan media sosialnya ya. Orangnya ramah dan baik hati loh.

Blog dan Media Sosial

Yuniar Djafar




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Tips Membuat Orang Tua Senang Ala Yuniar Djafar"

Posting Komentar