Tak Perlu Gugup, Ini 3 Pertanyaan Interview Kerja Paling Umum Ditanyakan

Tak Perlu Gugup, Ini 3 Pertanyaan Interview Kerja Paling Umum Ditanyakan


Mencari pekerjaan memang tidak mudah, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali melamar pekerjaan. Namun, meski belum punya pengalaman melamar pekerjaan dan interview kerja, Anda tak perlu panik apalagi gugup, karena Anda hanya perlu menyipakan jawaban dari 3 pertanyaan interview kerja paling umum berikut ini.
Pasalnya, tidak sedikit para pelamar yang gagal karena merasa gugup dan tidak percaya diri akan jawaban dari pertanyaan interview kerja yang diberikan HRD. Terlebih, penguasaan diri merupakan hal yang sangat menentukan penilaian bagi pihak HRD, agar Anda bisa diterima di perusahaan tersebut. 

Nah, sebaiknya sebelum Anda menghadapi pertanyaan interview kerja, Anda mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, setidaknya ada 3 aspek yang sering menjadi penilaian pihak perusahaan ketika melakukan sesi interview kerja. Berikut ulasannya:
1. Hal teknis
Sebuah perusahaan akan menyiapkan pertanyaan interview kerja, untuk menilai apakah Anda adalah orang yang tepat untuk perusahaan tersebut. Nah, pertanyaan itu adalah tentang pekerjaan atau kegiatan Anda sebelumnya. Bentuk pertanyaannya bisa berbentuk seperti ini:

“Apa pekerjaan Anda sebelumnya? Apa kesibukkan Anda sekarang? Sebelumnya Anda pernah bekerja di perusahaan mana?” 
Nah, diharapkan Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut mulai dari posisi jabatan Anda di pekerjaan sebelumnya, mengerjakan apa saja, alur pekerjaan, hingga tanggung jawab Anda dalam pekerjaan tersebut. Jawablah pertanyaan interview kerja tersebut dengan sebaik-baiknya dan positif, sehingga perusahaan yang menginterview Anda bisa memberikan penilaian yang baik. 
Untuk yang masih fresh graduate atau yang masih belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menceritakan tentang pengalaman Anda dalam berorganisasi di kampus, di komunitas atau even-even yang pernah Anda jalankan. Karena hal tersebut juga masuk ke dalam penilaian dalam interview kerja. 
2. Durasi pekerjaan
Dalam sesi wawancara, pertanyaan interview kerja selanjutnya adalah terkait jangka waktu bekerja jika Anda diterima di perusahaan tersebut. Pasalnya, jawaban Anda sangat menentukan dan dinilai oleh perusahaan. Pertanyaannya bisa berbentuk seperti ini”

“Jika Anda diterima, kira-kira berapa lama Anda akan bekerja di sini? “
Karena, tentunya perusahaan menginginkan, ketika diterima Anda akan bekerja dalam jangka waktu yang lama. Setidaknya, tidak dalam jangka waktu yang sangat singkat, seperti hanya dua bulan, lalu resign. 
3. Kebiasaan buruk
Selanjutnya, hal umum yang sering jadi pertanyaan interview kerja adalah tentang kebiasaan buruk Anda. Bentuk pertanyaan bisa bermacam-macam, biasanya yang sering diberikan adalah seperti ini:
" Sebutkan masing-masing 3 kekurangan dan kelebihan Anda!  atau Sebutkan kebiasaan yang paling buruk dari diri Anda dan jelaskan!”

Namun, untuk soal kebiasaan buruk, sebaiknya Anda menyebutkan kebiasaan yang tidak terlalu berkaitan dengan pekerjaan yang sedang lamar. Seperti Anda sering telat bangun pagi, senang begadang, tidak pernah sarapan dan lain-lain. Karena, aspek-aspek tersebut bisa menjadi nilai buruk juga bagi Anda. 
Nah, itu hal yang sekiranya paling umum ditanyakan ketika Anda melamar pekerjaan. Namun, apapun pertanyaannya yang akan muncul, Sebaiknya Anda harus menyiapkan diri sebaik-baiknya dan hadapi dengan tenang dan percaya diri. 
Untuk mempelajari partanyaan interview kerja lainnya, apalagi bagi Anda yang belum sama sekali memiliki pengalaman interview kerja, Anda bisa baca 10 pertanyaan yang juga sering muncul di sesi interview kerja, di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/jangan-gugup-ini-10-pertanyaan-yang-sering-muncul-di-sesi-interview-kerja/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak Perlu Gugup, Ini 3 Pertanyaan Interview Kerja Paling Umum Ditanyakan "

Posting Komentar