Minggu, 14 Juli 2019

Tabungan Haji Di BNI Syariah

Assalammualaikum.Wr.Wb

Dear Emak Cantik. Musim haji sudah datang, sebagian jamaah sudah berangkat. Termasuk yang dari Bengkulu. Hari ini kloter terakhir sudah diberangkatkan. Cerita, berita, ulasan tentang kegiatan haji. Selalu mampu memberikan inspirasi dan motivasi yang luar biasa bagi setiap muslim/muslimah yang mempunyai kenginan untuk ke Baitullah. Akan semakin kuat dan menjadi-jadi. Jika sudah mengikuti informasi seputar haji ini.

Termasuk saya yang tersentuh banget jika sudah melihat tayangan atau membaca perjuangan orang-orang yang begitu gigih untuk berangkat haji

Mereka menggunakan berbagai cara untuk bisa mengumpulkan uang agar bisa ke Batullah. Semua dilakukan asalkan halal.

Dan usaha tersebut banyak yang membuahkan hasil. Bahkan dari kisah orang-orang yang tidak bakalan kita sangka bisa naik haji. Ternyata Allah mampukan bagi mereka untuk berangkat haji. 

Foto Unspalsh

Lalu tiba pada diri saya, awalnya saya dan suami memang merencanakan untuk berangkat umroh pada tahun 2020. Bahkan pada setiap postingan instagram. Saya membuat secara khusus hestek atau tagar #2020GoToBaitullah. Tagar ini hanya sebagai pengingat dan motivasi agar kami lebih bergiat mengumpulkan uang, menjaga kesehatan dan terus memperbaiki diri agar pantas ke tanah suci.

Namun seiring waktu dan bertambahnya usia. Niat tersebut mulai bergeser. Kami lebih mengutamakan untuk berangkat Haji sekalian. 

Meski untuk Haji, harus menunggu cukup lama. Menurut petugas bank, kota Bengkulu lebih lama jadwal berangkatnya jika dibandingkan dengan kabupaten. Meski demikian, semua serahkan saja kepada Allah. Semua itu adalah ketentuan dan takdir Allah. Kapan kita akan dipanggil oleh Allah. Yang penting kita berniat dan mempersiapkan diri.

Demi itu semua, akhirnya saya mendatangi kantor BNI untuk membuka tabungan haji. Oh, ya saya sudah dua kali datang dan bertanya banyak hal kepada petugas bank. Mengenai seluk beluk dan semua hal yang terkait ibadah haji ini.

Petugas Bank juga ramah sekali, pada kedatangan pertama , di akhir percakapan saya berkata, bahwa saya belum akan membuka tabungan sekarang tapi saya akan berpikir dulu. Nanti kalo jadi saya akan datang.

Sampai akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening haji tersebut dengan mantap. Jadi ketika saya memutuskan untuk membuka tabungan itu. Ada berapa kejadian yang menyertai keinginan saya tersebut. 

Pada pekan dimana saya akan memutuskan untuk membuka rekening. Awalnya saya hanya menyiapkan uang seratus ribu rupiah. Namun, entah bagaimana kuasa Allah. Pekan itu saya mendapatkan job blog yang lumayan dan pembayarannya juga cepat. Jadilah saya membuka rekening dengan tabungan awal satu juta, subhanallah. 

Selanjutnya saya juga berniat untuk setiap bulannya bisa menyisihkan minimal satu juta sebulan untuk tabungan haji ini. Agar segera mendapatkan porsi haji. Jika sudah mendapatkan porsi haji. Maka nanti akan ketahuan menunggu berapa lama. Kemudian tinggal melakukan pelunasan saja.

Oh, ya untuk bisa mendapatkan porsi haji. Dibutuhkan tabungan sebanyak Rp.25.000.000,- setelah itu kita akan melakukan pelunasan haji, sebesar 7-8 juta. Besaran pelunasan belum pasti setiap tahun berubah-ubah. Tergantung keputusan pemerintah waktu itu. Namun, tahun-tahun sebelumnya. Kisaran pelunasan di angka 7-8 juta. 

Masa menunggu haji ini lama, ada yang sampai puluhan tahun. Namun, yakinlah dengan Allah dan mintalah sama Allah saja, semoga diberikan kemudahan dan cepat juga berangkatnya.

Foto Unsplash

Mengenal Tabungan Haji BNI Syariah  

BNI Baitullah iB Hasanah adalah tabungan dengan akad Mudharabah atau Wadiah yang dipergunakan sebagai sarana untuk mendapatkan kepastian porsi berangkat menunaikan ibadah Haji (Reguler/Khusus) dan merencanakan ibadah Umrah sesuai keinginan penabung dengan sistem setoran bebas atau bulanan dalam mata uang Rupiah dan USD.

Fasilitas :

  • Kartu Haji dan Umroh Indonesia.
  • Buku Tabungan.
  • Autokredit untuk setoran bulanan dari rekening Tabungan iB Hasanah/Bisnis Hasanah/Prima Hasanah.
  • Dapat didaftarkan menjadi calon jemaah haji melalui SISKOHAT.
  • Terdapat pilihan mata uang yaitu Rupiah dan US Dollar.


Manfaat :

  1. Membantu Nasabah dalam merencanakan ibadah haji dan umrah.
  2. Memudahkan Nasabah untuk mendapatkan porsi keberangkatan haji karena sistem BNI Syariah telah terhubung langsung dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) yang berada dalam satu provinsi dengan domisili nasabah.
  3. Bebas biaya pengelolaan rekening bulanan.
  4. Bebas biaya penutupan rekening (khusus tabungan rupiah).
  5. Fasilitas asuransi kecelakaan diri untuk nasabah tabungan Baitullah mudharabah IDR dengan saldo di atas Rp. 5.000.000,-
Persyaratan :

Kartu Identitas Asli (KTP/Paspor).
Setoran awal minimal :

Oh, ya tabungan haji ini ada dua dengan akad Mudharabah atau Wadiah. Jadi waktu itu aku dijelasinnya begini. Kalo Mudharabah, setoran awalnya adalah Rp.500.000,- kemudian nanti kita akan mendapatkan bagi hasil. Sedangkan Wahdiah, setoran awalnya hanya Rp.100.000,- saja, tidak medapatkan bagi hasil. Namun, fasilitas yang lainnya tetap sama. seperti bebas biaya administrasi.

Nah, kalo kamu bagaimana. Akan umbro dulu atau malah langsung haji. Jika memang uang  saya lebih, jika nanati sudah dapat porsi haji. Lalu di masa menunggu ada rejeki lagi,maka saya ingin juga melakukan umbro. namun saat ini fokus saya untuk menabung dan mendapatkan porsi haji dulu serta jadwal berangkat yang cepat. 

4 komentar

12 Agustus 2019 07.15 Delete comments

MasyaAllah, semoga sekeluarga lekas diberikan rezeki untuk segera bertamu ke Baitullah, ya, Mbak.
Dan lagi, sepertinya fasilitas tabungan umroh di beberapa bank juga hampir serupa. BNI juga bank yang terpercaya, jadi bisa menjadi salah satu opsi dengan fasilitasnya.

Reply
avatar
12 Agustus 2019 16.16 Delete comments

Masya Allah, aku juga pengen buka tabungan haji, Mbak, semoga dimudahkan langkah kita menuju tanah suci ya aamiin...oh iya tulisan umrah di paragraf terakhir typo mbak..

Reply
avatar
13 Agustus 2019 20.11 Delete comments

Amin. Semoga kami juga bisa segera menunaikan ibadah haji.

Reply
avatar
14 Agustus 2019 19.51 Delete comments

semoga rejekinya dilancarkan untuk tabungan haji mak, doakan kami yang juga belum punya tabungan segera punya tabungan juga

Reply
avatar