Saya Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan

Assalammualaikum.Wr.Wb

Dear Emak Cantik? Saya menyuka minum air putih. Namun tidak di pagi hari. Apalgi kalo ar putihnya dalam kondsi dingin. Wuih, saya justru bisa mual dan ujung-ujungnya muntah. Jadi saya lebih sering minum ar putih jika sudah makan sesuatu terlebih dahulu, hati sudah mulai terang atau matahari mulai terlihat. 

Tapi kalo di siang hari, di saat mentari sedang membara, memang paling enak minum ar putih dingin. Itu tenggorokan berasa seperti tersiram hawa surga, saking segarnya. 

Tapi bagi saya dalam kondisi sedang panas, lalu tiba-tiba minum yang dingin. Kalo reaksi tubuh saya sebaliknya. Bukannya segar malah terasa kayak mau deman. Seketika langsung meriang dangdut, hahaha.

Jadi jangan coba-coba habis jalan di tengah terik mentari, lalu mengajak saya minum air es. Duh, dunia bisa berantakan nanti. Saya sering menghindari hal itu. Kalo ada buah-buahan. Maka saya lebih memilih mengunyah buah-buahan untuk mendinginkan tenggorokan saya yang kering.

Foto Unspalsh

Nah, kalo di pagi hari saya lebih suka minum air putih hangat. Namun, sebenarnya ini tidak menjadi kebiasaan saya di pagi hari aja. Belakangan ini saya lebih suka dan sering minum air putih hangat. Kalo di rumah saya memasak sendiri air. Dengan teko yang berbunyi itu. Masaknya sedikit saja, untuk saya tambahkan ke dalam air yang berada di dalam gelas yang cukup besar. 

Kalo di kantor, saya sering minum air dari dispenser. Jika belum hidup atau belum hangat maka saya akan menunggu sampai hangat terlebih dahulu, baru kemudian minum.

Saya merasakan perbedaan yang luar biasa jika minum ar putih hangat daripada minum ar putih yang tawar (dingin ) saja tapi tidak sedingin air yang keluar dari lemari pendingin. Sesaat usai minum, biasanya tubuh saya akan hangat dan mengeluarkan keringat. Segar juga seperti habis minum ar es. Cuma bedanya seain segar, biasanya baju juga basah dengan keringat. 

Dilansir dari Very Well Fit, air putih tidak mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, serat, dan gula. Namun, ada kandungan natrium dan kalium dalam air putih meski jumlahnya sangat sedikit, yaitu 7 miligram (mg) natrium dan 2,37 mg kalium.
Air putih ini dapat membantu penyerapan vitamin lebih maksimal di dalam tubuh, lho! Khususnya vitamin B dan vitamin C yang termasuk vitamin larut air.

Saya Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan

Air hangat bagus untuk membantu metabolisme. Kalau kamu ingin menghilangkan beberapa kilo lemak, kamu bisa memanfaatkan air panas. Cara terbaik untuk memulai metabolismemu di pagi hari adalah dengan mencampurkan air panas dengan perasan jeruk nipis.

Manfaat Diet Jeruk Nipis bagi Kesehatan

Pada prinsipnya, menurunkan berat badan adalah bagaimana Anda mengonsumsi makanan yang rendah kalori namun mengenyangkan seperti makanan kaya serat dan protein sehat yang diolah rendah lemak sehingga berkalori rendah. Berikut adalah manfaat diet jeruk nipis bagi kesehatan, menurut doktersehat.com antara lain:

Meningkatkan sistem pencernaan

Jika Anda memiliki masalah pencernaan, maka hal ini akan membuat Anda lebih susah untuk menjalankan diet. Sedangkan, jika Anda menjalankan diet jeruk nipis maka kandungan senyawa flavonoidnya dapat melancarkan pencernaan Anda.

Dengan begitu, tubuh pun jadi tak perlu menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan. Pasalnya, timbunan zat-zat sisa tersebut bisa membuat perut dan pinggang tambah lebar.

Menunda rasa lapar

Beberapa penelitian mengungkapkan, bahwa mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat bisa membuat kenyang lebih lama. Begitu juga saat Anda menjalankan diet jeruk nipis.

Jeruk nipis menawarkan kandungan serat larut air dan serat tak larut. Kedua jenis serat ini bisa membuat Anda merasa kenyang tanpa kalori yang berlebihan. Sehingga godaan untuk konsumsi camilan berlebihan bisa diatasi.

Mengoptimalkan pembakaran lemak

Meski diet jeruk nipis bagi beberapa orang dipercaya bisa menurunkan berat badan, hal itu tidak serta merta mengonsumsi jeruk langsung membakar lemak di tubuh. Karena pada dasarnya, tidak satu pun makan yang memiliki kemapuan untuk membakar lemak.

Namun, jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, dan asam sitrat. Menurut sebuah penelitian, zat-zat tersebut bisa membakar lemak hingga 30% lebih banyak ketika Anda beraktivitas dan berolahraga.

Ini karena kandungan dalam jeruk nipis mampu mempercepat sistem metabolisme tubuh. Maka, ketika Anda beraktivitas fisik, lemak dan gula dalam tubuh Anda akan diubah lebih cepat menjadi sumber energi. Hal ini tentu baik untuk membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Jadi Emak Cantik, mulai skearang rubah kebiasaan minum air putih kita yah. Sesekali kalo sempat, minumlah ar hangat. Apalagi jika sedang bersantai di rumah. Kalo ingin mencoba menurnkan berat badan, bisa dengan memberikan perasan jeruk nipis.

Minum Air Jeruk Nipis Ala Emak Cantik

Di Bnegkulu ada jeruk Kalamansi yang terkenal sangat segar. Apalagi kalo sudah dibuat menjadi sirup. Tentu lebih segar, mdah dan praktis juga. Kita tinggal menambahkan beberapa sendok cairan sirup kalamansi ke dalam air panas yang sudah kita siapkan di dalam gelas. Lalu aduk hingga merata, diam beberapa saat. Lanjut langsung saja diminum. Duh, segarnya dapat, sehatnya apalagi. Bonusnya jika diminum secara rutin, bisa bikin kurus. 

Foto Miswandi

Yuk, coban aja sirup kalamansinya. Kalo kamu kesulitan mendapatkannya. Kamu boleh menghubungi saya. Nanti in sya Allah saya bantu kamu untuk mendapatkannya.  

Oh, ya buat kamu yang mau order sirup kalamansi bisa kontak ke saya
Wa/Hp (Milda ) 082177993000. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Saya Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan"