Benarkah, Makan Asam Padeh Bisa Menurunkan Asam Urat

Assalammualaikum.Wr.Wb

Dear Emak Cantik ? Sejak saya divonis kena penyakit asam urat. Jadi mulai saat itu saya banyak menghindari berbagai jenis bahan makanan. Saya pun mulai menyukai jenis menu makanan tertentu. Yah, mau bagaimana lagi semua demi semangat SEHAT.

Untuk nasi, saya juga mula mneguranginya. Sekarang saya bisa membagi porsi piring cantik saya sebanyak seperempat saja untuk nasi, selebihnya diisi yang lainnya. Seperti lauk pauk, sayuran dan buah-buahan.

Nah, untuk lauknya, ada menu khusus yang selalu saya buat atau saya cari , yaitu makanan berkuah. Apalagi kalo disantap dalam kondisi hangat. Duh, enak sekali, kadang saya malah ga pakai nasi lagi. Sibuk menghabiskan kuahnya.

Kuahnya yang merah memikat selera ( Foto Wisatago )

Saya Terpicut Makan ASAM PADEH

Jadi penderita asam urat itu artinya bahwa kadar Purin di alam tubuh seseorang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan asam urat di dalam tubuh tinggi? Penyebab asam urat terlampau tinggi adalah terlalu sering dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. 

Purin adalah suatu zat kimia yang diproduksi secara alami oleh tubuh, namun terkandung juga di dalam beberapa jenis makanan.


Ada jenis makanan yang  harus dihindari seperti makanan dengan tinggi purin seperti jeroan, kaldu daging, sosis, bebek, dan berbagai jenis seafood. 

Sementara, makanan yang harus dibatasi yaitu:

Daging dan ayam yang hanya boleh 50 gram per hari..Kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang tanah yang boleh dikonsumsi sebanyak 25 gram dalam satu hari.Beberapa macam sayuran contohnya, bayam, kangkung, buncis, kembang kol, daun serta biji melinjo yang masing-masing hanya boleh dimakan sebanyak 100 gram per hari.

Nah, banyak juga kan ya, makanan yang harus saya pantangi atau hindari. Padahal semua jenis makanan itu juga yang saya sukai. Oleh karena itu demi menjaga nafsu makan. Terutama demi menjaga semangat beraktivitas setiap hari. Sebab makanan sumber tenaga buat kita beraktivitas. Saya akhirnya mulai bergerilya dengan berbagai olahan makanan berkuah.

Akhirnya saya Terpikat Asam Padeh atau kalo orang Pekanbaru bilangnya Asam Pedas, Kuahnya itu merah. Selain itu rasa kuahnya asam yang saya sukai.

Analogi Saya Tentang Asam Padeh dan Obat  Asam Urat

Jadi begini, menurut ilmu kesehatan yang saya pelajari dan informasi yang saya baca, bahwa penyakit asam urat ini bisa dikurangi rasa nyerinya dengan mengurangi kadar purin di tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi Cuka Apel (rasanya asam), mengkonsumsi lemon. 

Nah, kedua bahan tersebut. Tentu saja kalo dikonsumsi langsung atau dijadikan minuman untuk sesekali. Okelah, masih bisa saya konsumsi. Tapi kalo harus sering dan setiap hari. Tentu saja selain saya pasti ngak kuat. Belum lagi rasa asam itu, saya kuatir bisa merusak asam lambung saya. Jadi bisa muncul masalah baru.

Saya pernah coba, bakso asam pedeh, enak loh ( Foto Google)
Jadi salah satu caranya adalah dengan mengolah berbagai menu makanan yang akan saya konsumsi menjadi olahan aneka asam padeh. Untuk isinya bisa beragam, saya bisa gonta - ganti dan memvariasikan berbagai bahan makanan. Yang penting kuahnya dalam kuahnya saya juga sering menambahkan potongan jahe yang di geprek saja. Soalnya jahe juga sangat efektif untuk mengurangi kadar purin di dalam tubuh.

Beberapa bahan makanan yang sering saya olah menjadi asam padeh antara lain seafood, bakso atau kalo lagi pengen saya bisa bikin seblak, pernah juga saya ganti kuah semua bahan sop menjadi kuah asam padeh, hihihi. Hasilnya juga enak loh, cobain aja.

Atau kamu ada masukan ide, bahan untuk asam padeh. Saya dengan senang hati akan mencobanya menjadi menu asem pade terkini.


Jadi sejak analogi yang saya buat itu hits, terutama di rumah. Sejak saat itu juga Asam Padeh, menjadi menu andalan saya.    

Makanan Berkuah VS Menurunkan Berat Badan

Bagi saya makanan berkuah juga termasuk salah satu jalan bagi saya untuk mencoba mengurangi berat badan. Selain saat ini saya berusaha banget untuk banyak minum air putih. Saya mulai ngak merasa terbebani jika selalu harus menenteng botol minum atau berhenti dengan sengaja jika dalam perjalanan untuk membeli air putih.

Jadi bagi penderita asam urat, yang berbobot lebih seperti saya. Salah satu cara untuk menurunkan kadar purin di dalam tubuh adalah dengan menurunkan berat badan secara berkala. Saat ini berat badan saya di angka 68 Kg. Padahal untuk perempuan dengan tinggi badan 160, berat badan ideal adalah di kisaran 56-61 Kg. Ini saya ambil kategori yang paling besar ya. Kalo mau berat badan idealnya, masih jauh banget. Kalo ini kan saya jadinya harus berusaha untuk menurunkan sekitar 7 Kg saja lagi. Ini aja saya gak tahu, bisa apa ngak. 

Cek, berapa berat badan idealmu (Foto Google) 
Oleh karena itu saya sangat menyukai makanan berkuah, apalagi asam padeh ini demi untuk mengurangi makan nasi. Jadi saya hanya makan nasi pada saat sarapan pagi saja, dan sampai jam enam sore saya stop untuk makan. Selebihnya, kalo saya merasa lapar. Saya minum ar putih saja. 

Rasa lapar itu muncul, pertanda tubuh butuh asupan, tapi tidak harus dalam bentuk makanan, bukan. Bisa jadi air saja. Setelahnya akan merasa kenyang juga. 

Salam, Emak Cantik


Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Benarkah, Makan Asam Padeh Bisa Menurunkan Asam Urat"

  1. Asam padeh. La asam padeh pulo. Heuheuhhhh
    Sehat terus ya emak cantik :)

    BalasHapus
  2. Enak nih kayaknya
    Bisa nurunin asam urat lagi hihi
    Jaga kesehatan sejak dini nih ya

    BalasHapus
  3. Nice info mak cantik. Mksh banget nich.. Jdi harus kudu menjaga kesehatan biar gx banyak pantangan ntarnya. Hehe

    BalasHapus
  4. Aku juga suka mbak asam padeh

    BalasHapus
  5. mba, iya bener asam padeh bisa menurunkan asam urat, tapi kalau minum kuahnya aja dong XD kan isinya ada seafood yang juga mengandung purin.. ya sama aja dong jadinya

    BalasHapus