Makan dengan Cara yang Tepat dan Sehat Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Assalammuaaikum.Wr.Wb
Dear Emak Cantik, apa kabar ?

Ibu yang tengah hamil dan menyusui, harus memiliki keinginan yang kuat untuk mengonsumsi makanan yang sehat serta memiliki kebiasaan yang baik dan benar saat makan. 

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menentukan pola makan sehat.

•    Hindari mengonsumsi makanan cepat saji hanya karena tidak ada pilihan makanan yang lain.
•    Siapkan camilan dan minuman sehat yang mudah diolah, misalnya buah potong, smoothies, serealia, dan susu.
•    Hindari semua makanan junk food di dapur rumah Anda.

Ahli gizi dari klinik Universitas Indonesia, dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, menjelaskan bahwa terdapat tiga prinsip pola makan sehat dengan menu seimbang selama masa kehamilan dan menyusui. 



Hal tersebut dapat dilihat dari aspek-aspek sebagai berikut.

1.    Pada ibu hamil dan menyusui, jumlah makanan yang masuk harus sesuai dengan energi yang keluar. Supaya energi yang masuk dan keluar tetap seimbang, Anda harus tetap beraktivitas supaya mencegah terjadinya obesitas. Jika Anda mengalami obesitas maka Anda akan sangat rentan terkena pengerasan pembuluh darah, perlemakan hati, diabetes, sleep apnea (menyebabkan kematian mendadak), atau nyeri lutut. 

2.    Berdasarkan jadwal, pola makan ibu hamil dan menyusui setidaknya harus mencukupi tiga kali makan besar dan dua kali makan ringan. Jika Anda telah melewati masa enam bulan menyusui, pola makan Anda bisa berkurang menjadi tiga kali makan saja.

3.    Selama masa hamil dan menyusui, seorang ibu harus mengonsumsi makanan sekitar 25-30 gram perhari. Asupan buah dan sayur harus mendapatkan porsi yang lebih besar. Jenis makanan yang dikonsumsi juga harus bervariasi dan komposisinya seimbang. Misalnya ketika Anda makan nasi bisa dikombinasikan dengan lauk yang mengandung protein hewani atau nabati. Selain itu asupan cairan juga harus diperhatikan. Asupan yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah ±13 gelas perhari. Begitu juga dengan ibu menyusui terutama pada masa 6 bulan menyusui dengan ASI eksklusif. 

Bagi Anda yang bekerja, salah satu tip untuk menjaga pola makan adalah dengan menyimpan suplai makanan sehat di kantor. 

Berikut ini beberapa tip lainnya yang bisa Anda terapkan.

•    Menyimpan makanan dalam kulkas kantor. Beberapa jenis makanan yang dapat disimpan di kulkas antara lain air mineral, smoothies tanpa tambahan gula, plain yoghurt, telur rebus, buah segar, keju keras, roti gandum, dan buah potong.

•    Menyimpan makanan dalam laci kantor. Beberapa jenis makanan ringan yang dapat disimpan di laci kantor tentu harus berupa makanan kering seperti biskuit gandum, roti kering, buah-buahan kering, kacang-kacangan, bubuk kopi atau teh tanpa kafein, dan susu skim bubuk sebagai tambahan kalsium dalam minuman. 

•    Menyimpan makanan dalam tas kerja. Idealnya, karena disimpan di dalam tas, makanan ini dikemas dalam kemasan kecil dan ringan atau kotak makanan yang ringkas dan tertutup rapat. Misalnya, biskuit gandum, roti kering, buah-buahan, kacang-kacangan, dan termos kecil berisi susu segar atau smoothies buah/sayuran tanpa gula.  


 
Sumber Buku 
Pintar Nutrisi Bagi Ibu Hamil dan Menyusui Berdasarkan Golongan Darah Golongan Darah (A B AB O)
Penulis : Milda Ini
Penerbit : (Bhuana Ilmu Populer) BIP

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makan dengan Cara yang Tepat dan Sehat Bagi Ibu Hamil dan Menyusui"

Posting Komentar