Senin, 15 April 2019

Mengenal Sosok Sarah, Istri Ibrahim a.s.

Assalammualaikum.Wr.wb

Dear emak Cantik...

hari ini saya ingin berbagai mengenai kisah seorang teladan yang harus diketahuo oleh para muslimah, yaitu..Sarah, Istri Ibrahim a.s. Sudah kenal atau belum, kalo belum, semoga tulisan ini bisa menambah wawasan tentang diri Ibunda Sarah ini.


Tulisan ini secara lengkap bisa Emak Cantik dapatkan di dalam buku saya yang berjudul Smart and Happy Mom ( Menjadi Ibu Rumah Tangga Berlimpah Pahala) yang diterbitkan oleh Tinta Medina . Buku ini dapat dibeli diberbagai toko buku baik secara online dan offline. Harga normal buku ini Rp.48.000,- Kadang-kadang ada diskon juga. 

Oh, ya buku ini juga bisa dibeli langsung dengan saya. Dengan cukup mengkonfirmasi lewat Wa saya saja, 082177993000.

Mengenal Sosok Sarah, Istri Ibrahim a.s.

1. Kecantikan yang Luar Biasa

Sarah, istri Nabi Ibrahim a.s., memiliki wajah yang cantik. Hal tersebut dapat kita ketahui dari sebuah hadits yang disampaikan oleh Abu Hurairah r.a. Dia berkata, ”Rasulullah saw. bersabda, ’Ibrahim a.s. hijrah bersama Sarah. Dia memasuki satu desa yang dikuasai oleh seorang raja yang tergolong tirani. Dikabarkan kepadanya bahwa Ibrahim datang bersama seorang wanita yang sangat cantik. Lalu, raja itu memanggilnya.’” (HR Bukhari dan Muslim)

2. Penuh Tawakal kepada Allah SWT

Dari pertemuan atau dipanggilnya Ibrahim dan Sarah oleh raja, maka raja mengirim utusan kepada Ibrahim untuk membawa Sarah. Lalu, raja berdiri di dekat Sarah. Sementara itu, Sarah berdiri untuk berwudhu, lalu shalat. Sarah berdoa ”Ya, Allah seandainya aku beriman kepada-Mu dan kepada Rasul-Mu serta Engkau menjaga kemaluanku, kecuali terhadap suamiku, maka jangan Engkau kuasakan orang kafir atas diriku.” Tiba-tiba setelah mendengarkan hal itu, raja seperti orang sekarat dengan mengeluarkan suara seperti orang mendengkur dan kakinya bergerak-gerak. 

3. Pintar dan Memahami Risiko yang Dihadapi

Saat raja tak sadarkan diri dan sekarat, Sarah berdoa kepada Allah, ”Ya Allah, jika dia mati maka orang akan berkata, ’Dialah yang telah membunuhnya.’ Maka, sadarkanlah dia.” Pada akhirnya, raja sadar (untuk kedua dan ketiga kalinya). Di sini terlihat bahwa betapa Sarah sangat pintar dan mampu memahami risiko apa yang akan terjadi kepada dirinya, jika raja tidak sadarkan diri.

4. Allah SWT Memuliakan Sarah

Setelah kejadian itu raja akhirnya sadar dan memberikan Hajar kepada Ibrahim dan Sarah. ”Demi Allah, yang kalian kirim kepadaku ini hanyalah setan. Kembalikanlah dia kepada Ibrahim dan berikanlah Hajar kepadanya.” Pada akhirnya, Sarah kembali kepada Ibrahim seraya berkata ”Tahukah kamu bagaimana Allah menghinakan si kafir itu dan memberi kita seorang pelayan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari kisah tersebut kita dapat mendapatkan pelajaran bahwa Sarah dengan kegigihannya menjaga kesucian dirinya. Akhirnya, dia mendapatkan banyak keberkahan dan kemudahan dalam hidupnya. Bahkan, seorang raja pun dapat berubah pikiran, yaitu yang awalnya tadi ingin berbuat jahat lalu berubah menjadi baik.

0 komentar