Kamis, 14 Maret 2019

Waktu yang Sehat Ngopih Kopi Gading Cempaka Bengkulu

Assalammualaikum. Wr.Wb

Dear Emak Cantik,


Suka minum kopi kah? Kalo saya sih sukanya minum air kopi, hihihi. Bingung yah, air kopi apaan coba! Jadi begini kalo teman-teman di kantor, terutama yang cowok, suka ngopi dengan takaran satu sendok kopi dengan dua sendok gula yang diaduk di dalam air panas. 


Nah, kalo saya, jauh banget takarannya. Masih suka-suka sih, asal air sudah terlihat berubah warna hitam. Sudah, saya sudah cukup menikmatinya. Istilah teman-teman sekantor, minum kopi encer. Gak begitu banyak kopi dan gulanya.  Jadi kalo udah terlihat ada campuran kopinya, ya sudah. Saya menyebutnya minum air kopi, bukan ngopih.


Jangan bingung ya, Emak Cantik,


Kalo di rumah, saya punya kebiasaan lain. Yaitu minum kopi susu, jadi banyakan susu timbang kopinya. Jadi asal warna susu putih sudah berubah warna, ya saya menikmati minuman itu dengan sebutan nama kopi susu. Dinikmati di pagi hari, siang, sore atau malam hari. Semuanya biasa saya nikmati. Tidak ada waktu khusus atau rutinitas yang selalu saya lakukan untuk menikmati kopi susu tersebut. Intinya, kapan saya minat ngopih, ya saya buat saja dan langsung saya nikmati secara santai.



Lalu waktu yang baik, menurut kesehatan untuk ngopih itu kapan ?


Ahli gizi yang berbasis di Sydney, Australia, Lyndi Cohen mengatakan suatu kebiasaan buruk ketika bangun tidur dan Anda langsung meraih secangkir kopi. Ia menyarankan untuk menahan diri sebentar. Kalo saya di rumah, bangun tidur sih ngak langsung ngopih atau ngeteh. Ini mungkin karena  saya perempuan ya, jadi banyak waktu yang dibutuhkan  untuk mengurusi dapur, masak, mengurus anak-anak, sampai dengan mengurus keperluan suami. Jadi memang ngak bisa langsung ngopih.


Saya di rumah, ngopih saat setelah beberapa tugas utama selesai. Misalnya, ketika anak-anak sudah berangkat ke sekolah dan suami berangkat ke kantor. 


Jadi, saya punya waktu yang agak lenggang. Baru bisa menikmati kopi, meski kadang ngak juga menikmati dengan baik. Maka saya jarang ngopih di pagi hari. Saya lebih memilih ngopih di kantor saja.

Jadi , waktu saya ngopih , pindah ke kantor saja.Lebih santai dan leluasa. Saya juga kerab membawa sendiri bahan –bahan untuk ngopi asik di kantor.


"Saat Anda bangun tidur, kadang kortisol anda sedang memuncak," kata Lyndi pada Daily Mail Australia (16/6).


Hormon kortisol atau lebih dikenal dengan hormon stres memang diproduksi lebih banyak saat tubuh mengalami stres secara fisik atau emosional. Namun, hormon ini juga berperan dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein dalam tubuh untuk menyediakan energi.

"Kafein memengaruhi produksi kortisol tubuh. Jika minum kopi adalah hal pertama yang anda lakukan saat pagi, tubuh anda memproduksi kortisol lebih sedikit dan anda jadi bergantung dengan kafein untuk mendorong anda jadi berenergi," jelasnya.

Kapan waktu hormon kortisol mencapai puncak


Secara umum, ada tiga waktu saat hormon kortisol mencapai puncaknya. Yakni sekitar pukul 8.00–9.00; pukul 12.00–13.00; dan terakhir pada pukul 18.00–19.00.


Untuk itu, ada baiknya tahan diri agar tak langsung minum kopi setelah bangun tidur. Biasanya pukul 09.30 -11.30 menjadi waktu di mana kadar kortisol dalam tubuh menurun. Saat inilah kafein akan bekerja maksimal dengan membangkitkan rasa "awas" yang sudah mulai kendor.


Ngopih asik di waktu bia menikmati kopi, ya saat santai
Lyndi menyarankan agar sesi minum kopinya berakhir sebelum jam makan siang dan maksimal pukul 14.00. Jika ingin tetap mengkonsumsi kafein, maka kamu bisa mengganti kopi  dengan teh.

Jadi Emak Cantik,

"Tiap orang punya toleransi berbeda terhadap kafein, tapi demi istirahat malam yang berkualitas, jangan minum kopi enam jam sebelum Anda tidur. Saya merekomendasikan, pukul 14.00 adalah waktu terakhir Anda untuk minum kopi," imbuh Lyndi.

Selain memberikan saran soal waktu terbaik minum kopi, rupanya Lyndi juga mengatakan kopi punya efek positif untuk kegiatan olah raga.

Kopi yang asik dinikmati Emak Cantik, Itu Kopi apa?


Buat kaun Emak Cantik, sebaiknya kopi yang diminum adalah kopi Robusta saja, sebab  Robusta memiliki kadar kafein lebih tinggi dibandingkan Arabika, Kadar gula pada kopi Arabika jauh lebih rendah dibandingkan kopi Arabika, Robusta memiliki acidity lebih rendah dibandingkan Arabika, Kopi Robusta harganya jauh lebih murah dibandingkan kopi Arabika, dikarenakan merawat tanaman kopi ini cukup mudah, Biji kopi Robusta bentuknya bulat dan ukurannya lebih kecil dibandingkan biji kopi Arabika


Untuk kopi Robusta, saya punya rekomendasi nih buat Emak Cantik semua. Cobain aja kopi Robusta Kopi Gading Cempaka Bengkulu.


Kopi Gading Cempaka ini, sangat cocok dinikmati dlam berbagai suasana. Termasuk juga dalam segala bentuk sajian. Seperti kopi hitam original, kopi susu, kopi ekspresso dan sajian kopi lainnya. Termasuk dalam bentuk olahan minuman dan makanan lainnya.


Selain itu, memang proses pembuatan kopi Gading Cempaka ini, melalui sebuah proses yang terbaik untuk menghasilkan olahan kopi yang juga terbaik.

Proses pembuatan kopi Gading Cempaka  

  1. Proses Produksi
  2. Petik matang (Merah). Kami memetik buah yang benar-benar matang.
  3. Proses sortasi tahap pertama. Sortasi tahap pertama ini memastikan bahwa yang kita petik tidak ada cherry yang busuk, selain itu memisahkan dengan cherry-cherry yang masih belum matang namun terpetik saat panen.
  4. Dilakukan penjemuran.
  5. Kemudian dilakukan mengupasan kulit.
  6. Dilakukan sortasi tahap kedua hingga menjadi biji kopi pilihan. Sortasi tahap kedua ini memisahkan biji kopi hitam, rusak karena gilingan, dll hingga bersih.
  7. Sebelum dilakukan proses roasting, kami lakukan sortasi ketiga. Sortasi ketiga ini adalah memastikan kembali bahwa tidak ada lagi biji hitam atau rusak, karena biasanya masih ada yang tidak terdeteksi hingga perlu sortasi tahap ketiga ini.
  8.  Pasca roasting kami melakukan sortasi kembali untuk membuang biji kopi yang terlihat pucat atau tidak sama dengan biji-biji lain, kemudian didiamkan selama 12 – 24 jam untuk membuang gas yang terkandung.Proses selanjutnya dilakukan penghalusan (penggilingan).
  9. Setelah halus, kopi didiamkan selama 15 – 30 menit untuk menghilangkan gas, kemudian dilakukan pengepakan (dimasukkan pada kemasan).
  10. Pendiaman pasca roasting (12-24 jam++) dan penghalusan (15-30 menit++) untuk menjaga kualitas rasa.
Kemasan Kopi Gading Cempaka

Untuk kopi Gading Cempaka ini ada kemasan 200 gram, yang dikemas khusus secara menarik untuk oleh-oleh atau souvenir. Dengan warna desain perpaduan hitam dan coklat sehingga terlihat elegan.

Untuk kemasan 200 gram ini,kopi Gading Cempaka sudah melalng buana kemana-mana. Yang mengkonsumsi kopinya juga dating dari berbagai wilayah dan berbagai kalangan. Baik, tua, muda, lelaki atau perempuan. Sudah banyak yang menikmatinya.

Nah, di tahun ini, kopi Gading Cempaka mengeluarkan kemasan baru yang sangat praktis. Dengan desain kemasan yang tetap sama, hanya isi kemasan yang berbeda. Dalam bentuk sachet, sehingga sangat mudah dibawa kemana-mana dan dibuat kapan saja. Jika ingin minum kopi.

Satu kemasan sachet ini bersi 20 gram kopi yang siap minum. Jadi Emak Cantik, hanya perlu menyiapkan gelas dan air hangat saja.

Dalam satu kotak , berisi 10 sachet kopi yang berisi kopi, dengan berat 20 gram untuk masing-masing sachet. 

Kemasan ini juga sangat menarik jika dijadikan oleh-oleh jika bepergian dan membawa bingkisan untuk orang-orang yang akan kita temui. Misalnya mengunjungi sanak saudara di daerah lain.

Saya, juga sering diminta untuk memabwa kopi khas Bengkulu oleh teman-teman. Mereka selalu bilang, bahwa kopi Bengkulu sangat enak dan terkenal. Apalagi bagi yang sudah pernah menikmati kopi Bengkulu, maka kopi Bengkulu, akan selalu dirindukan untuk diminum.

Saat ini sudah, lumayan banyak merk kopi Bengkulu, salah satunya adalah kopi Gading Cempaka dapat dijadikan pilihan untuk oleh-oleh dan menikmati kopi sehari-hari. Jadi kalo Emak Cantik ke Bengkulu, jangan lupa beli kopi Gading Cempaka sebagai oleh-oleh yah.

Untuk Pemesanan Kopi Gading Cempaka

Website : www.kopigadingcempaka.com

Instagram @kopigadingcempaka

Kontak 081995850700, 08117321511, 08117321511

Email : sales@kopigadingcempaka.com

Alamat : Jl. S. Parman No. 117 Padang Jati Ratu Samban Kota Bengkulu

0 komentar