Kamis, 07 Maret 2019

Kandungan Gizi di Dalam Buah Berdasarkan Warnanya

Assalammualaikum.Wr.Wb

Dear Emak Cantik,

Sudah makan buah hari ini, buah apa aja bisa dimakan sehari-hari. Saran saya sih, lebih baik buah lokal saja, sebab tanpa pengawet. Dari segi harga juga sangat terjangkau. Apalagi kalo sedang musim dan banjir. Duh, harga bisa sangat murah. Bisa makan buah yang sama setiap hari.

Berikut adalah Kandungan Zat Gizi yang Terkandung di dalam Buah dan Sayur

Buah-buahan dan sayuran mengandung pigmen  atau warna yang berbeda-beda. Hal ini juga menunjukan kandungan gizi di dalamnya. 

1)    Hijau, warna hijau banyak ditemukan pada sayuran. Warna hijau itu terbentuk karena adanya klorofil yang bermanfaat untuk anti kanker. Semakin tua warna hijaunya, maka semakin banyak kandungan vitamin dan  mineralnya Kandungan vitamin C6 dalam sayuran berwarna hijau lebih banyak jika dibandingkan dengan buah atau sayuran warna lain. Beberapa contoh sayuran hijau yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui adalah, bayam, kangkung, daun katuk, brokoli.

2)     Merah, warna merah didominasi pada buah-buahan. Warna merah Pada buah dan sayuran menunjukkan adanya senyawa likopen dan antosianin yang bermanfaat sebagai antioksidan. 

3)    Oranye, warna oranye pada buah dan sayuran menunjukan adanya   senyawa beta dan alfa karoten yang bermanfaat sebagai zat anti kanker. 

4)     Biru atau Ungu, warna biru atau ungu pada buah dan sayuran menunjukan adanya senyawa antaosianin yang berfungsi sebagai zat antioksidan yang baik untuk mencegah kesehatan jantung dan penuaan dini. Warna biru banyak didapatkan pada buah blueberry, warna ungu banyak terdapat di terung, anggur dan bruberry.  Bluberry segar lebih banyak mengandung antosianin dan kandungan tidak akan berkurang banyak meski sudah dibekukan.  Terung juga banyak mengandung antosianin meski sudah mengalami pemanasan baik dipanggang maupun dibakar   


Berikut beberapa manfaat buah bagi kesehatan tubuh:

•      Mencegah obesitas dan menjaga berat badan yang ideal.
•      Menurunkan kadar kolesterol.
•      Menurunkan tekanan darah.
•   Menurunkan risiko penyakit, seperti diabetes tipe 2, stroke, penyakit jantung, kanker dan hipertensi.
•    Kandungan serat pada buah membantu mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit.
•    Menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata terkait penuaan, katarak, dan degenerasi makula.

Menurut Merdeka.com, perbedaan orang yang sering makan buah, di antaranya adalah

Punya tubuh ramping

Penelitian pernah membuktikan bahwa konsumsi buah-buahan utuh mampu menjaga berat badan seseorang tetap seimbang. Contohnya saja buah blueberry. Meskipun hanya dimakan seminggu sekali, menikmati blueberry segar daripada kue atau jus buah tersebut mampu memotong 20 ribu kalori dalam setahun.

Pencernaan lancar

Buah-buahan mengandung air dan serat tinggi. Kedua hal tersebut merupakan mineral penting yang dibutuhkan seseorang jika ingin memiliki pencernaan yang lancar. Namun sebaiknya buah dinikmati dalam bentuk utuh agar nutrisi di dalamnya tetap terjaga dan dirasakan oleh tubuh secara maksimal.

Sistem imun kuat

Karena kaya akan antioksidan, tidak heran jika orang yang suka makan buah-buahan memiliki sistem imun yang kuat. Manfaatnya, mereka tidak mudah terserang penyakit. Lagipula, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa buah-buahan tertentu mengandung senyawa penting yang mampu menangkal kanker dan penyakit mematikan lainnya.

Terlihat cantik

Selain memperkuat sistem imun, antioksidan pada buah-buahan juga memberi khasiat cantik pada tubuh. Peneliti pun menjelaskan bahwa antioksidan mampu melancarkan sirkulasi, sehingga aliran darah lebih lancar di permukaan kulit dan bisa memancarkan kecantikan alami dari dalam.

Lebih berenergi

Jika Anda termasuk orang yang aktif setiap hari, makan buah-buahan adalah pilihan tetap jika ingin tetap menjaga energi. Sebab beberapa buah-buahan juga mampu memberikan asupan energi secara instan ketika dinikmati.


Buah Lokal Indonesia yang Enak dan Bergizi dimakan Sehari-hari

Berbagai buah lokal di Indonesia merupakan buah yang memiliki rasa yang nikmat. Buah-buahan ini merupakan jenis buah tropis. Ternyata berbagai buah lokal ini selain nikmat untuk disantap memiliki banyak manfaat bahkan untuk kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya.

•    Sawo
Sawo matang merupakan salah satu jenis warna kulit yang biasa diberikan bagi yang memiliki kulit sedikit gelap. Hal ini tidak mengherankan karena kulit dan daging buah sawo berwarna cokelat dengan rasa yang sangat manis. Kaya akan karbohidrat karena 20% bagiannya terdiri dari gula. Sawo mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C dan kandungan potasium yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

•    Kesemek
Kesemek merupakan buah yang seperti memakai bedak, karena pada bagian kulitnya terdapat bagian putih yang seperti bedak. Dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi karena mengandung fluoride serta berguna untuk menjaga kesehatan gusi dan mulut.

•    Jeruk Bali
Jeruk bali memiliki kulit yang tebal dan seperti spons. Bentuknya seperti jeruk, tetapi dalam ukuran yang lebih besar dan berwarna putih atau merah muda. Flavonoid, pektin dan likopen merupakan senyawa yang terdapat di dalamnya. Berfungsi untuk menurunkan kolesterol, mencegah anemia dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kulit dari jeruk bali bisa dibuat menjadi berbagai kerajinan yang menarik.

•    Jambu Air
Jambu air dengan warna merah atau hijau yang khas. Buah ini banyak mengandung air. Buah yang langsung dimakan dengan kulitnya ini memiliki kandungan vitamin A, C, kalsium dan protein. Manfaatnya untuk menjaga kelembapan kulit dan serat untuk pencernaan.

•    Jambu Biji Merah
Jambu biji merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi selain kandungan kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A dan B1. Sebaiknya memakan buah ini beserta kulitnya karena pada daging dekat kulit yang mengandung vitamin C paling banyak.

•    Duku
Duku merupakan buah dengan bentuk bulat kecil dan memiliki daging buah yang cenderung bening. Memiliki banyak mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Berguna untuk sistem pencernaan dan mengobati diare.
•    Belimbing

Starfruit adalah namanya dalam bahasa Inggris. Buah belimbing ini memang berbentuk bintang dengan lima sudut. Kandungan vitamin E di dalamnya bermanfaat untuk kecantikan kulit. Buah ini juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

•    Manggis
Tebak-tebak buah manggis. Buah ini memang sering dijadikan bahan tebak-tebakan untuk menebak jumlah isi di dalamnya. Walaupun kulitnya berwarna hitam, tetapi dagingnya berwarna putih dan memiliki manfaat yang besar karena kandungan antioksidan, antibiotik dan antivirus yang tinggi. Buah ini dapat meredakan kelelahan dan mengatasi masalah vertigo.

•    Sirsak
Sirsak biasa dimakan dengan ditambahkan gula, sirop atau dibuat jus. Kulitnya berwarna hijau dan daging berwarna putih. Manfaatnya sebagai pengatur kadar gula dalam darah dan melawan bakteri dalam tubuh.

•    Salak
Salak pondoh merupakan jenis salak di Indonesia yang dikenal memiliki kualitas yang paling baik. Rasanya yang manis dan garing membuat buah ini cukup disukai. Buah bersisik coklat ini dapat meringankan buang-buang air yang terus menerus. Hal ini juga yang hendaknya membuat Anda tidak terlalu banyak mengkonsumsinya, karena bisa-bisa Anda jadi sulit untuk buang air.

•    Rambutan
Buah rambutan dengan ciri khas memiliki rambut dapat ditemui dengan mudah pada musimnya. Buahnya yang berwarna putih manis disukai anak-anak sampai orang dewasa. Kandungan antioksidan pada dagingnya sangat besar, sehingga baik untuk kesehatan. Salah satu yang memiliki rasa yang nikmat adalah rambutan rapiah.

•    Nanas
Daging buah nanas berwarna kuning dengan rasa asam manis, menjadi salah satu buah favorit dalam rujak. Manfaat dari nanas antara lain dapat membantu masalah pada penyempitan pembuluh darah yang tertutup lemak, membantu pencernaan dan berguna untuk Anda yang sedang diet.

•    Pepaya
Buah pepaya memiliki daging berwarna oranye dan berbiji hitam bulat-bulat kecil. Betakaroten merupakan kandungan gizi yang tertinggi di dalamnya. Buah ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

•    Mangga
Salah satu buah yang banyak disukai yaitu mangga. Buah yang masih muda biasa diidamkan wanita hamil karena rasanya yang asam. Tetapi, jika telah matang, dagingnya yang berwarna kuning akan terasa manis karena kandungan gula yang cukup tinggi. Bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mengendalikan tekanan darah.

Porsi makan buah

Dalam sehari,Emak Cantik  harus mengonsumsi buah sedikitnya 150 gram buah. Dalam 150 gram buah tersebut Emak Cantik bisa mendapatkan 150 kalori dan 30 gram karbohidrat. 

Satu porsi buah setara dengan satu buah apel merah kecil, atau sebuah jeruk medan sedang, atau satu potong melon, atau satu buah pisang ambon kecil. Emak Cantik dapat membagi jatah buah Emak Cantik menjadi beberapa kali makan, entah itu dibagi menjadi tiga kali atau lebih. 

Buku saya, silakan dibeli jika membutuhkan banyak informsi. Bisa beli lewat aku yah.
Misalnya, Emak Cantik  memutuskan untuk menghabiskan jatah buah Emak Cantik dalam tiga kali makan, maka Emak Cantik bisa makan buah satu porsi dalam sekali makan. Emak Cantik pun bisa mengganti-ganti jenis buah yang Emak Cantik makan, semakin beragam buah yang dimakan akan semakin baik gizinya.

Jadi, Emak Cantik makan buah itu penting yah, pilihlah buah yang sesuai dengan selera dan kantong Emak Cantik. Ada baiknya juga mulai menanam buah-buahan di perkarangan rumah.

Salam, Emak Cantik 



0 komentar