Jumat, 01 Februari 2019

Merencanakan Jualan Jilbab Online

Assalammualaikum.Wr.Wb

Salam Emak Cantik, apa kabar hari ini?

Punya rencana apa ditahun 2019 ini.Kalo saya pengen berdagang jilbab secara online. Jadi saya melihat ada banyak sekali orang-orang khususnya Emak Cantik yang suka sekali belanja online. Hampir semua kebutuhan , kalo ada yang menjualnya secara online. Pasti dibeli. 

Emang sih, belanja online itu bukan Cuma sebatas gaya atau trend saja,apalagi ikut-ikutan. Belanja online sudah menjadi salah satu solusi praktis bagi Emak Cantik untuk belanja memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi makin hari, makin banyak banyak saja item yang tersedia, bisa kita beli secara online.

Apalagi saat ini banyak juga marketplace atau toko-toko online yang saling bekerjasama. Dengan bisnis online saat ini, bukan cuma pembeli yang meningkat, sekaligus juga produsen atau suplier barang-barang juga meningkat berdagang secara online.

Bahkan dalam satu marketplace saja kita bisa menemukan banyak banyak penjual berkumpul menawarkan dagangannya. Jadi seru juga, kita bisa pilah-pilih sekaligus membandingkan antara toko satu dengan yang lainnya.

Nah, melihat begitu banyak peluang yang ditawarkan oleh bisnis online saat ini, terutama yang menggunakan media internet. Saya pun tertarik untuk berjualan online.

Menggali Ide Untuk Berjualan Online

Saya pun melakukan survei kecil-kecilan, apalah yang cocok atau bisa saya jual secara online. Untuk, mewujudkan mimpi membuka usaha di tahun 2019. Saya ingin berdagang barang-barang yang dekat dengan saya, pernah saya gunakan atau saya tahu persis dengan barang tersebut. 

Yah, udahlah akhirnya atas masukan suami dan teman-teman saya. Akhirnya saya memutuskan untuk berdagang Jilbab. Tetapi ini jilbab khas, yaitu jilbab dengan Kain Batik Besurek. Soalnya Jilbab ini biasa juga saya pakai sehari-hari. Bahkan juga sudah sering saya bawa dan pakai di berbagai kota. Termasuk saat menjadi narsumber di berbagai kegiatan. Seperti saat menjadi narasumber di acara Temu Bunda, di Yogjakarta. 

Bentuk Jilbab Kain Besurek

Bentuk jilbab yang akan saya jual ini, untuk tahap awal adalah untuk ukuran segiempat dulu. Untuk tahap awal , cara membuatnya bisa saya kerjakan sendiri dulu, sambil melihat perkembangan selanjutnya.

Untuk bahan baku, banyak tersedia dia kota saya, sebab ini merupakan kain khas dari Bnegkulu. Apalagi saya memang tinggal di Bnegkulu, jadi stok bahannya tersedia dan banyak pilihan suppliernya.

Ukuran jilbab juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang berukuran 115cm dan berukuran 150. Jadi pembeli bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera pembeli.

Cara Emak Cantik Menjualkan Barang

Untuk awal penjualan, saya akan melakukan promosi di berbagai media sosial yang saya miliki. Baik diblog, sosial media. Akan diposting berbagai contoh pilihan motif jilbab yang bisa dipilih. Postingan ini akan saya kemas dalam bentuk foto-foto yang menarik dan keterangan yang menarik juga. Dalam bentuk video singkat, video tutorial yang menarik. Sebab jika ingin menyasar pembeli online.Maka kualitas foto dan video serta informasi yang lengkap menjadi daya tarik atau faktor pertimbangan bagi pembeli untuk membeli barang.
Bekerjasama Sama Dengan Ralali.com

Untuk memudahkan cara penjualan supaya cepat diketahui oleh orang banyak. Salah satu caranya adalah dengan bekerjasama dengan Marketplace Ralali.com

Marketplace adalah aplikasi atau situs web yang memberi fasilitas jual beli online dari berbagai sumber. Pemilik situs web atau aplikasi tidak memiliki produk apapun dan bisnis mereka hanya menyajikan produk orang lain kepada pengguna kemudian memfasilitasinya.
Dengan kata lain pengertian Marketplace adalah model bisnis dimana situs web tidah hanya membantu untuk mempromosikan produk tapi juga menjembatani transaksi online antara penjual dan pembeli.

Salah satu contoh Marketplace  di Indonesia adalah Ralali.com yang baik dan terpecaya di Indonesia.
Mengenal Ralali.com

Ralali berasal dari ungkapan bahasa Jawa "Ora Lali" yang berarti "tidak lupa", "Tidak Terlupakan".

“RALALI.COM ADALAH PLATFORM BELANJA KEBUTUHAN BISNIS PERTAMA DI INDONESIA. KAMI MENGHUBUNGKAN JUTAAN VENDOR DAN UMKM AGAR MEREKA DAPAT MEMULAI DAN MENGEMBANGKAN BISNISNYA” 

Ralali.com mempunyai visi untuk menjadi platform bisnis terbaik yang menghubungkan dan memberikan solusi bagi para pebisnis melalui teknologi digital. 

Misi Ralali.com adalah untuk menjembatani pebisnis sukses melalui teknologi digital, mengembangkan teknologi digital yang handal dan user-friendly yang dapat dijadikan platform bisnis unggulan berkelas dunia, mengembangkan SDM yang handal di bidang teknologi digital & bisnis, dan membangun ekosistem pebisnis ke dalam Ralali.com. 

Kenapa harus berbisnis di Ralali.com?

Credible, Ralali telah di percaya sebagai B2B Marketplace terbesar di Indonesia dan membukukan pendanaan dari investor terkemuka Asia . Ralali juga digawangi oleh tim yang berpengalaman di bidangnya.
bidangnya

Reliable,Dengan teknologi Ralali.com yang modern,berbelanja kebutuhan bisnis menjadi lebih cepat, aman dan transparan

Relationship,Ralali adalah partner terdekat anda dalam berbisnis. Ralali mendukung dan membantu para pebisnis di Indonesia untuk tumbuh berkembang seiring dengan berjalannya waktu.


Keuntungan Bekerjasama atau Berjualan di Marketplace Adalah.

1. Banyak Pembeli
Ini merupakan keuntungan tersendiri bagi penjual, karena tidak perlu repot – repot mendatangkan pengunjung atau calon konsumen. Tinggal memanfaatkan dan memaksimalkan keberadaan mereka dengan baik.

2. Banyak Pedagang
Bina hubungan baik dengan masing – masing pedagang agar bisa berbagi tentang apapun berkait dengan bisnis. Baik hambatan, rintangan atau apapun itu yang bermanfaat untuk bisnis Anda.

3. Rekening Bersama Untuk Keamanan
Biasanya dalam menjaga keamanan dalam bertransaksi online, pihak marketplace akan menyediakan rekening bersama. Rekening bersama sangat bermanfaat baik bagi pembeli maupun pedagang. Keadaan yang lebih terjamin bisa membuat konsumen lebih nyaman dalam berbelanja.

4. Berbagai Promosi Gratis dan Program Menarik Dari Marketplace
Biasanya marketplace menawarkan banyak promosi untuk klien mereka. Ini sangat bermanfaat bagi kita untuk lebih mengenalkan produk ke konsumen. Lebih hemat karena promo dilakukan oleh pihak marketplace sendiri. Jadi jika kita ingin memasuki sebuah marketplace, salah satu kriteria yang penting adalah seberapa besar promo yang dilakukan dari manajemen marketplace tersebut.

5. Banyaknya Produk yang Tersedia
Banyaknya produk yang tersedia bisa membuat konsumen semakin tertarik karena bisa memilih berbagai macam jenis produk. Sehingga bisa membuat konsumen menjadi semakin betah berbelanja dalam marketplace. Tentu saja menjadikan peluang produk kita terjual semakin besar.

Nah, doa’in yaa semoga keinginan saya berjualan online Jilbab Kain Batik Besurek di tahun ini, bisa terwujud dengan baik ya. Bisa mendatangkan manfaat dan juga penghasilan bagi saya dan keluarga

Salam
Emak Cantik


25 komentar

11 Februari 2019 14.05 Delete comments

Mantab nih mbak Mil, kalau mbak Milda yang jualan pasti laris nih, aamiin

Reply
avatar
11 Februari 2019 18.17 Delete comments

ide emak cantik keren banget, kalo difikir fikir jilbab dengan motif besurek belum ada di Bengkulu. Atau saya aja yg belum tau. Sukses emak cantik. semoga terealisasi usahanya. aamiin

Reply
avatar
13 Februari 2019 15.48 Delete comments

Pokoknya dukung dari jauh mba jualanmu ya, lancar jaya, jangan lupa info info kalau lagi diskon huahahahaha

Reply
avatar
13 Februari 2019 17.20 Delete comments

Jaman merantau di tanah sunda dulu aku juga jualan jilbab yuk. Banyak pilihan kain di sana jadi enak pilah-pilihnya. Duh, rindu pengen jualan lagi jadinya. Semoga lancar ya usahanya yuk

Reply
avatar
13 Februari 2019 19.26 Delete comments

Aku dukung yang jualan produk begini apalagi hijab :)

Reply
avatar
13 Februari 2019 20.20 Delete comments

Jilbabnya unik, Mbak.
Warnanya terang-terang, ya?
Semoga dengan adanya Ralali makin memudahkan berjualan online ya.

Reply
avatar
13 Februari 2019 21.01 Delete comments

Aminnnn bisnisnya lancar.. sukses.. dan berkah selalu yaa

Reply
avatar
13 Februari 2019 23.02 Delete comments

wah keren2 motif jilbabnya ini.. jadi pengen

Reply
avatar
14 Februari 2019 01.14 Delete comments

Berapa harganya satu jilbab mba? Kalau jilbabnya batik berarti bawahnya polos dong ya

Reply
avatar
14 Februari 2019 02.38 Delete comments

Duh ide bisnisnya luar biasa nih mbak. Aku tadinya mau ikutan coba Ralali.com tapi lupa karna satu dan lain hal. Semoga sukses dan rencananya terwujud #2019punyaUsaha

Reply
avatar
14 Februari 2019 20.06 Delete comments

Aamiin Allahumma Aamiin semoga rencananya segera terlaksana ya mbak

Reply
avatar
15 Februari 2019 15.18 Delete comments

Waaa aku pengen juga nih mba, cerah ceria ya warna dan motifnya asik banget
Aku juga mau nih, semoga sukses dalam berbisnis ya Mba apalagi ada ralali

Reply
avatar
15 Februari 2019 19.15 Delete comments

Semoga lancar dan sukses jualan jilbabnya

Reply
avatar
15 Februari 2019 19.20 Delete comments

mba, kok aku baru dengar ya Ralali.com.
itu sistemnya sama dengan Sh***pe ya mba?

Reply
avatar
16 Februari 2019 01.04 Delete comments

Mbak Milda au jualan jilbab. Yeay. Semoga laris manis ya Mbak. Semoga Ralali jg bs mendongkrak jumlah penjualan jilbabnya. Aamiin.

Reply
avatar
17 Februari 2019 05.55 Delete comments

Semoga nanti sukses ya Mbak jualan online-nya. Aku mau beli lah jilbab batiknya..

Reply
avatar
17 Februari 2019 15.25 Delete comments

Semoga berkah. Laris manis

Reply
avatar
17 Februari 2019 15.58 Delete comments

Semoga laris manis ya Mbak milda, keren deh pakai kain lokal..keren pisan Ralali..

Reply
avatar
17 Februari 2019 16.59 Delete comments

Smga tercapai jualan jilbab onlinenya ya mbakk .

Reply
avatar
17 Februari 2019 19.58 Delete comments

Kami siap mendukungmu mak 😀

Reply
avatar
18 Februari 2019 17.59 Delete comments

Wihhh jualan aja mba terus share deh di sosmed jualan jilbab insyallah laku apalagi harganya terjangkau

Reply
avatar
18 Februari 2019 18.23 Delete comments

Katanya, kalau makin banyak muslim berbisnis pakaian (termasuk jilbab), tanda peradabannya mulai bangkit. Katanya sih gitu hehe. Di-aamiin-kan aja deh. Insyaa Allah barokah dan semoga menjadi kenyataan. Dengan seizin Allah.

Reply
avatar
20 Februari 2019 06.44 Delete comments

Salut sama mbak'e. Kepake ya ilmunya pelan2. Sambil nyelam kembung nih. Tanpa kita sadari udah mengaplikasikan digital marketing lho itu. Model bisnis olshop, e commerce dsb. Sukses teruss yaa...

Reply
avatar
22 Februari 2019 16.22 Delete comments

mantul... semoga sukses jualannya mba dan berkaah

Reply
avatar
24 Februari 2019 22.47 Delete comments

Rencananya mantap Mak, udah terencana dengan matang, tinggal menjalankannya Mak. Moga sukses yaa

Reply
avatar