Seputar Manfaat Lemak Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Assalammualaikum.Wr.Wb

Dear, Emak Cantik...Apalagi kalo lagi hamil, hihihi. Semoga sehat selalu yah, mau ngebahas soal Lemak padaibu hamil dan menyusui. Tapi ini maksudnya adalah kandungan zat lemak yah..
 
Lemak merupakan zat tenaga kedua setelah hidrat arang. Lemak memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan hidrat arang. Lemak adalah sumber energi yang efisien dan berfungsi menjaga kebugaran. Lemak juga berfungsi sebagai bantalan organ-organ vital, lemak di bawah kulit berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh normal. 

Lemak dalam makanan ada yang jelas seperti minyak goreng, mentega, margarine, lemak pada daging, lemak dalam buah alpukat, duren, es cream, dan lain sebagainya.  Lemak merupakan nutrisi essensial untuk fungsi otak, merupakan komposisi utama otak yakni 100 mg/g berat otak. Setiap orang rata-rata memerlukan 1 gram lemak untuk tiap kilogram berat tubuhnya. 

Dengan penambahan berat badan sekitar 12-16 Kg selama masa kehamilan mengakibatkan terjadi peningkatan kebutuhan akan lemak yang semakin banyak. Namun jika  terlalu banyak mengkonsumsi lemak akan berpengaruh terhadap berat badannya. 

Akan terjadi kegemukan atau obesitas. Apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga. Lemak akan menumpuk di dalam tubuh. Seseorang yang terlalu gemuk memiliki kecenderungan untuk menderita penyakit jantung, ginjal dan tekanan darah tinggi. 

Pada Ibu hamil lemak  sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin namun dalam batas yang telah ditentukan. Selain sumber tenaga lemak juga berguna untuk melarutkan Vitamin ADEK sehingga dapat diserap oleh dinding usus. 

Lemak berguna auntuk melindungi alat-alat tubuh yang halus. Pada ibu yang menyusui, saat menyusui anaknya ,dapat memenuhi kebutuhan lemak anak   sebanyak 50 persen dapat terpenuhi melalui ASI. 

Kolestrol adalah lemak tubuh terutama dalam darah. Tidak essendial karena tubuh dapat menghasilkan lemak dari asupan makanan berlemak. Kolestrol dalam jumlah tertentu sangat diperlukan dalam masa pembentukan otak dan jaringan syaraf bayi, terutama pada masa golden age ( masa emas pertumbuhan – 0-3 tahun). 

Lemak yang paling penting adalah lemak essensial yang dikenals ebagai EFA ( Essensial Fatty Acid) yaitu asam lemak linoleat atau Omega 6, asam linolenat atau Omega 3, asam arakhidonat dan eikosanoat, . Ditemukan pada minyak ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitu dan minyak nabati atau soya, minyak jagung dan alpukat, minyak kanola, minyak wijen, ikan berlemak seperti Tuna, Salem dan Salmon.  

DHA, singkatan dari Docosa Hexaenoic Acid, ialah golongan dari Omega 3, Di dalam tubuh DHA banyak ditemukan di jaringan tubuh terutama otak dan mata. Seorang ibu yang menyusui sangat baik jika memberikan ASI yang terbaik buat anaknya, akrena salahs atu sumber DHA tersebut terdapat dalam ASI, minyak ikan, kuning telur, algae. 

Air susu ibu adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi. 
Kandungan Gizi Air Susu Ibu

Air susu ibu
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 69
Jumlah Lemak 4,4 g   
Lemak jenuh 2 g   
Lemak tak jenuh ganda 0,5 g   
Lemak tak jenuh tunggal 1,7 g   
Kolesterol 14 mg   
Natrium 17 mg   
Kalium 51 mg   
Jumlah Karbohidrat 7 g   
Serat pangan 0 g   
Gula 7 g   
Protein 1 g   
Vitamin A    212 IU    Vitamin C    5 mg
Kalsium    32 mg    Zat besi    0 mg
Vitamin D    3 IU    Vitamin B6    0 mg
Vitamin B12    0,1 µg    Magnesium    3 mg

Jadi Emak Cantik, sebegitu penting dan banyaknya kandungan  ASI. Jadi bersemangatlah untuk bisa memberikan ASI yang terbaik untuk anak-anak kita.


Oh, ya tulisan ini  juga termuat di dalam buku Emak Cantik yang ini yah. Kamu bisa membelinya di berbagai toko Gramedia di seluruh Indonesia. Biasa juga didapatkan secara online, dalam bentuk E-Book yah. Silakan di donlot.


Semoga, artikel ini bermanfaat ya, bagi kita semua, khususnya buat Emak Cantik yang sedang hamil atau menyusui. 

Sampai jumpa lagi !!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seputar Manfaat Lemak Bagi Ibu Hamil dan Menyusui"

Posting Komentar