Manfaat Kolang-kaling Bagi Kesehatan Emak Cantik

Assalammualaikum. Wr.Wb

Dear Emak Cantik, apa kabarmu ?

Buah atap atau yang lebih dikenal dengan kolang-kaling ini memiliki nama Belanda Glibbertjes. Buah yang memiliki bentuk lonjong, berwarna putih transparan ini jika dimakan sangat menyegarkan. 

Buah ini dikenal juga dengan nama buah atap . Kalo di  Bengkulu, dikenal juga dengan nama buah Aren.

Kolang –kaling dihasilkan dari buah aren yang  dibakar sampai hangus lalu diambil bijinya direbus hingga masak.


Ada banyak sekali kandungan yag terdapat dalam buah atap atau kolang-kaling, terutama kandungan mineral dan juga serat. Dari 100 g buah atap memiliki kandungan energi sebesar 27 kkal, protein 0.4 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 6 g, serat 1.6 g, kalsium 91 mg, fosfor 243 mg dan zat besi 0.5 mg.

Manfaat Kolang-Kaling Bagi Emak Cantik

1. Dengan tingginya kandungan kalsium, besi, dan fosfor yang ada di dalam buah atap jika Anda mengkonsumsinya maka kebugaran tubuh akan tetap terjaga dan akan sehat selama bulan puasa. Bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan mengandung kalsium sama dengan tulang sapi
2. Kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram-nya. kandungan air yang ada didalamnya dapat memperlancar saluran pencernaan.
3. Kolang kaling juga mengandung 0,69 gram protein
4. Mengandung  4 gram karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet
5. Kadar abu sekitar satu gram 
6. Serat kasar 0,95 gram.  Dapat mengatasi sembelit. Dimana serat yang dihasilkan dari buah ini dapat mencegah dan mengurangi sembelit.,
7. Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh.


Selain itu kolang-kaling, dapat dimanfaatkan dalam berbagai campuran makanan ataupun minuman, sebagai contoh untuk manisan, kolak, ronde, roti, minuman kaleng, es campur ataupun bajigur.

Menikmati Segelas Kolang-Kaling Ala Emak Cantik

Saya termasuk orang yang ga suka ribet, termasuk dalam mengolah dan makan kolang-kaling. Kalo mau dibuat dulu jadi minuman kayak campuran es cendol, wedang ronde atau dibuat kolak, Kadang saya ga sempat membuatnya.

Namun saya dan suami sering mengkonsumi kolang-kaling di rumah. Hanya dalam hitungan menit saja, kami biasanya sudah bisa mengkonsumsi kolang-kaling.

Caranya, cuci terlebih dahulu kolang kaling dengan bersih. Sambil dibuang mata yang amsih menembel di buah kolang-kaling. Bentuknya putih, membuangnya sangat mudah, seperti kita memencet jerawat saja. Maka matanya akan keluar. Jika tidak dibuang, maka mata ini bisa membuat rasa kolang-kaling  akan terasa pahit.

Setelah itu masak air sampai mendidi, setelah mendidih, maka masukan kolang-kaling yang sduah dicuci dan dibuang matanya tadi. Rendam beberapa menit lalu ditiriskan.


Saat akan dikonsumsi, biasanya  akan saya buat menjadi minuman segar dan dingin. Dengan cara, kolang-kaling dipotong kecil. Sebuah kolang-kaling bisa dipotong hingga 3-4 bagian kecil lagi.

Lalu masukan ke dalam gelas, ambil sirup tuangkan ke dalam gelas yang sudah berisi potongan kolang-kaling tadi. Kemudian tambahkan air masak. Untuk air masak ini, bisa menggunakan air biasa atau air yang sudah dingin. Biasanya saya menggunakan air dingin dan menambahkan beberapa potongan batu es lagi. Yah, kalo mau langsung diminum.

Namun, saya lebih sering menyimpan beberapa menit terlebih dahulu di dalam kulkas, supaya rasa manis sirupnya meresap ke dalam kolang kaling.


Sirup yang biasa kami gunakan adalah sirup dengan rasa melon, perpaduan rasa dan kenyalnya kolang-kaling menjadi sajian minuman yang segar untuk dihabiskan. Apalagi kalo hari sedang panas. Duh, tambah segar saja.

Kalo kamu bagaimana cara praktis makan kolang-kaling, share yuk di kolom komentar.

Salam, Emak Cantik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Kolang-kaling Bagi Kesehatan Emak Cantik"

Posting Komentar