Kamu Makan Pagi atau Sarapan Sih?

Assalammualaikum. Wr.Wb

Dear Emak Cantik, kalo pagi sukanya makan pagi atau sarapan sih. Ih, pada tahu kan, antara sarapan pagi sama makan pagi itu berbeda loh.Mau tahu bedanya, kita bahas ya berikut ini.

Beda Sarapan dan Makan Pagi 

Jadi menurut pakar kesehatan Profesor. Dr. Hardiansyah MS yang merupakan ketua dari Pergizi Pangan Indonesia.

Antara sarapan dan makan pagi jauh berbeda loh, banyak orang melakukan sarapan pagi tapi tidak bisa dianggap sebagai sarapan. Sebaliknya banyak yang melakukan makan pagi dan berkata bahwa ia sudah sarapan.

Padahal keduanya berbeda…

Menurut beliau, kebanyakan orang, termasuk anak-anak, cenderung menganggap sarapan pagi sebagai hal yang tidak begitu penting sehingga hanya makan dengan porsi yang sangat kecil. 


Hal inilah yang disebut Prof. Hardiansyah sebagai sekadar makan pagi saja, namun tidak bisa dianggap sarapan. 

Makan pagi dengan porsi kecil ini tidak akan mampu memenuhi seperempat dari kebutuhan harian kita.

Pengertian Sarapan pagi

Pengertian Sarapan Kata sarapan dalam KBBI (2002 : 999) berasal dari kata sarap yang diberi akhiran –an, kata sarap atau menyarap adalah kata kerja yang berarti makan sesuatu pada pagi hari. 

Dalam bahasa Inggris disebut “Break Fast”.1 Kemudian setelah diberi akhiran –an menjadi kata benda, memiliki arti makanan pada pagi hari.2 Menurut definisi yang telah dikemukakan di atas, sarapan merupakan makanan yang dikonsumsi di pagi hari. 

Bila dilihat dari kebiasaan masyarakat mengatakan kalimat tersebut, sarapan dapat memiliki dua definisi yaitu kata benda yakni makanan yang dikonsumsi dan kata kerja yaitu kegiatan mengkonsumsi atau memakan makanan di pagi hari. 

Contoh kalimat yang biasa diungkapkan masyarakat adalah “sarapan terlebih dahulu sebelum beraktivitas”. Jadi sarapan dapat diartikan sebagai memakan makanan di pagi hari sebelum beraktivitas atau melakukan kegiatan.

Pengertian Sarapan Pagi Menurut Para Ahli 

Sarapan pagi adalah makanan yang dimakan pada pagi hari sebelum beraktifitas, yang terdiri dari makanan pokok dan lauk pauk atau makanan kudapan jumlah makanan yang dimakan kurang dari 1/3 dari makanan sehari (dinkes kesehatan DKI jakarta, 2011 )

Sarapan pagi adalah makanan yang di konsumsi yang mengandung seluruh gizi lengkap yang diperlukan tubuh menjadi pemasok kebutuhan kalori tubuh sedikitnya 30 % (selama 4-6 jam) dari total kebutuhan energi setiap hari (siagian, 2011).

Sarapan pagi adalah suatu kegiatan yang penting sebelum melakukan aktivitas fisik pada hari itu. Sarapan sehat  seyogyanya mengandung unsur empat sehat lima sempurna. Ini berarti kita benar-benar telah mempersiapkan diri untuk menghadapi segala aktivitas dengan amunisi yang lengkap (Khomsan, 2002).

Komposisi sarapan pagi yang baik adalah

Karbohidrat sebagai sumber energi

Energi sangat dibutuhkan setelah tubuh berada dalam keadaan berpuasa selama hampir 8 jam selama semalaman tidur. Sarapan harus memberikan energi yang cukup untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan energi agar bisa beraktivitas sepanjang hari. Oleh karena itu, makanan yang mengandung karbohidrat sangat penting sebagai sumber energi bagi tubuh.

Asupan karbohidrat seperti nasi pada menu sarapan khususnya di Indonesia biasanya lebih dominan. Sumber karbohidrat atau energy bisa kita dapatkan pada roti gandum atau kentang dan tak lupa menambah buah-buahan segar ke dalam menu sarapan.

Protein 

Sumber protein nabati bisa Ibu dapatkan dari tempe, tahu, susu kedelai, sedangkan protein hewani bisa didapat dari ikan, telur, daging dan susu.

Vitamin dan Mineral 

Saat sarapan, tidak lupa minum air mineral, makan buah dan sayuran 

Komposisi sarapan dengan gizi yang lengkap dan seimbang akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Tubuh akan merasa kenyang lebih lama, metabolisme tubuh pun lebih terjaga, sehingga tidak mudah ngantuk dan lebih bersemangaat saat beraktivitas. 

Sarapan Favorit Saya

Di pagi hari biasanya saya membuat segelas kopi sus, lalu memakan beberapa potong roti, cake atau kue. Lebih senangnya kopi susu.

Cara bikin kopi susunya, saya lebih suka pake itu yang dulu kita sebut susu kental manis. Belinya yang ukuran sachet. Dengan tujuan , kalo mau buat kopi susu, tinggal diambil satu saja.

Ini kopi hitam asli Bengkulu, kalo saya minumnya encer saja

Masak air , setelah mendidih tuangkan ke dalam gelas, lalu masukan setengah sendok teh kopi dan susu cair tadi. Kemudian diaduk hingga merata. Setelah itu proses dilakukan, jadi deh kopi susunya. Oh, ya kopinya sedikit saja, hanya untuk membuat warna susu berubah. Kalo Kanga Athifah bilang, rasanya kayak susu coklat, hihihi. 

Lalu, makan seperti makan siang. Kalo ini porsinya memang tidak sebanyak siang, tapi komposisi paling tidak harus ada lauk dan sayuran. Kalo kepepet masak Mie, pake telor dan dikasih sayuran.

Paling jarang sarapan dengan nasi goreng. Soalnya saya lebih suka makan nasi putih dengan teman-temannya.

Sering juga menyiapkan buah untuk sarapan, di rumah buah dimakan kapan saja suka, termasuk sebelum makan pagi atau sebelum masuk nasi ke dalam perut. Jadi kalo pagi-pagi di rumah saya ada yang makan Mangga padahal belum makan nasi, itu biasa aja kali .
Apalagi kalo lagi musim Mangga dan harganya juga murah, ya sudah. Bakalan sering makan Mangga pagi-pagi. Makan buah sebelum makan nasi , baik buat kesehatan ya.

Apakah Apel cocok untuk Golda O, baca bukunya yah:) Tapi yang jelas makan Apel bagus buat kesehatan

Jadi , kalo ditanya sarapan favorit saya, jawabannya ya ngopi susu plus camilan sama makan nasi lengkap dengan lauk pauknya. 

Oleh karena itu, biasanya kalo sambal saya sudah beli atau siapkan bahannya dari malam. Pagi tinggal diadon saja alias dimasak. Kalo Ayam ungkep, di kulkas selalu siap sedia. Tinggal di goreng atau dioleh pengen masak apa saja.

Apalagi suami saya tipenya yang emang harus makan pagi atau sarapan. Jadi masak pagi itu saya benaran masak, lauknya juga nanti sekalian kami bawa ke rumah Emak, buat makan Emak dan  orang-orang yang di rumah emak juga. Jadi emang benaran menu makanan siap santap bersama nasi.

Kalo kamu sarapan atau makan pagi sih? Sarapan sama apa aja nih, certain ya di kolom komentar blog ini. 

Oh, ya tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan #NulisSerempak dari #BloggerBengkulu untuk menulis mengenai sarapan favorit. Ikutan juga yuk. 

Salam, Emak Cantik










Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Kamu Makan Pagi atau Sarapan Sih?"

  1. Sayang sekali yach mbak, padahal kota Bengkulu butuh hutan dan taman kota dan kita punya satu2nya malah di terbengkalaikan semoga pemerintah kedepan punya kebijakan yang baik untuk taman ini, jangn sampai jadi mol seperti rumor yang berkembang

    BalasHapus
  2. Ternyata, sarapan pagi dan makan pagi itu beda ya.. Thanks ya emak cantik, dah dapat ilmu baru

    BalasHapus
  3. Ohh kalau saya sarapan doong Mbak, lebih sering sarapan. Secara emang makannya yaaa nasi dan lauk, klo sekedar roti dan susu gak nendang, hihihih. Jam 10 pasti kruyuk2 lagi perutnya cari cemilan hihihh

    BalasHapus