Bengkulu Kirim Bantuan Tenaga Medis ke Lampung Selatan


Bengkulu – Menyikapi terjadinya bencana alam Tsunami yang terjadi di bebapa wilayah, khususnya di Provinsi Lampung, Pemerintah Provinsi Bengkulu menerjunkan Tim relawan guna membantu korban bencana alam tsunami di daerah Kalianda, Lampung Selatan.

Sebanyak sepuluh orang Tim relawan yang berasal dari tenaga medis Persatuan Perawat Nasional  Indonesia (PPNI) Provinsi Bengkulu, hari ini, Kamis (27/12/2018) menuju Provinsi Lampung.

Di dampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota dan Provinsi Bengkulu, mereka dilepas langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, di halaman parkir Kantor Gubernur Bengkulu.



Koordinator tim relawan PPNI Provinsi Bengkulu Saleh menjelaskan, tujuan mereka di Lampung Selatan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana tsunami dengan membawa serta peralatan medis.

Teknisnya, ungkap Saleh, mereka akan mendirikan Posko bantuan serta menginventarisasi kebutuhan bagi penanganan korban bencana alam disana.

“Kami akan melakukan pengobatan, managemen bencana serta pemilahan bagi korban bencana yang membutuhkan pertolongan segera,” sebut Saleh.

Setelah mengiventarisasi seluruh kebutuhan yang diperlukan untuk penanganan bencana di Kalianda tersebut,  tim mereka ini akan pulang kembali ke Bengkulu dan digantikan dengan  tim berikutnya yang juga dari PPNI Provinsi Bengkulu.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam arahannya mengatakan, tim relawan dari PPNI Provinsi Bengkulu yang dikirimkan ini sebagai bentuk kebersamaan dan solidaritas saudara sebangsa dan setanah air dalam menyikapi bencana alam yang terjadi.

Selain itu, kata Rohidin, juga akan dikirim Tim Tanggap Bencana (Tagana) yang akan berangkat esok pagi (Jumat, 28/12).

“Tim relawan dari Tagana ini akan membuka dapur umum dengan menyiapkan 1000 nasi bungkus perhari, bersama mereka akan diturunkan satu unit mobil dapur umum, khusus untuk membantu masyarakat disana,” sampainya.

Gubernur yang dilantik pada 10 Desember 2018 ini juga berharap masyarakat Provinsi Bengkulu menggalang dana bantuan bagi korban bencana alam, seperti yang sudah dilakukan terhadap Provinsi Sulawesi Tengah (Palu dan Donggala) beberapa waktu lalu.


“Dengan pola bantuan langsung seperti itu lebih bermanfaat dan produktif bagi masyarakat korban bencana tersebut, kita lakukan secara spontanitas bantuan yang kita kumpulkan dan itu lebih bagus jika digabungkan,” kata Rohidin.

Dirinya juga mengucapkan  terima kasih dan selamat bertugas kepada  tim relawan dalam partisipasi membantu meringankan beban masyarakat yang terkena bencana alam, khususnya di daerah Lampung Selatan tersebut.

Selain itu, dirinya meminta agar tim relawan ini  dalam bertugas dapat menjaga nama baik Provinsi Bengkulu, dengan menunjukan kekompakan bersama tim yang ada dilapangan nantinya.

“Salam kita dari masyarakat Bengkulu. Kita ikut mendoakan dan berbelasungkawa atas musibah yang terjadi di Lampung Selatan tersebut,” tutupnya.

(Saipul-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bengkulu Kirim Bantuan Tenaga Medis ke Lampung Selatan"

Posting Komentar