Resep Semur Jengkol Buat Emak Cantik

Resep Semur Jengkol Buat Emak Cantik

Assalammualaikum. Wr.Wb

Emak Cantik, siapa yang suka makan Jengkol. Pasti banyak yah yang suka. Hayoo, ngaku. Kalo ngak mau ngaku juga ga papa kok. Rugi kok, kalo ga makan jengkol. Apalagi kalo udah disediakan. Jadi beberapa hari lalu, saya bersama teman-teman Blogger Bengkulu atau Bobe, kumpul santai dan seru brsama dengan mimin keceh grup facebook dan media sosial Bobe di Hokitchen di daerah Skip.

Pulangnya oleh kak Shen, si owner saya dibungkusin semur jengkol. Senang bangetlah. Soalnya kalo saya mau masak jengkol. Butuh waktu khusus, supaya masakannya enak.

Terus ada perlakuan khusus untuk menghilangkan Bau Jengkol


TIPS Menghilangkan Bau Jengkol

Pertama, bisa jengkol dimasak dengan daun jeruk dan air rebusannya diganti 3 kali selama proses perebusan. Ini harus dijaga dengan baik, supaya air ga kering apalagi sampai kekeringan , jangan sampai gosong yaah.

Kedua, bisa juga dengan direbus bersama  dengan arang hitam.

Ketiga, ini yang paling gampang sih menurut Emak, yaitu dengan daun jambu biji

Dipilih saja dari tiga tips tadi, mana yang lebih cocok dan tentunya berhasil ya Mak, ga ada garansi, kalo gagal, silakan mencoba kembali dan mencoba kembali. Jangan sampai merasa gagal untuk makan jengkol yang ga bau .


Sekarang kita lanjut dengan RESEP SEMUR JENGKOL 

Bahan-bahan

250 -500 gram Jengkol
5 siung Bawang Putih
3 siung Bawang Merah
6 buah Kemiri
5 butir Cengkeh
1 buah Pala
secukupnya Lada (Merica)
secukupnya Gula Jawa
secukupnya Garam
secukupnya Kecap Manis

Cara Memasak

Pertama,tumis bumbu halusnya (bawang putih+bawang merah+kemiri) dengan minyak goreng secukupnya. Ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita ya.

Kedua, masukkan jengkol yang sudah direbus. Lalu tambahkan cengkeh, kayu manis, pala, beri air secukupnya. Bisa dicek juga dan dilihat kalo mulai kering airnya atau terlalu banyak. Bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera.

Ketiga, masukkan gula jawa, lada, dan garam. lalu dicicipi gimana rasanya. Jika masih ada kekurangan. Bisa kita tambahkan dan kurangi. Pokoknya disesuaikan dengan serera dan rasa yang kita inginkan.


Selamat mencoba ya Mak cantik, semoga ga gagal amsak semur jengkolnya yaah. Kalo dekatan rumah, aku mau dong dikirimin semur jengkolnya, hihihi.

Salam !!

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Resep Semur Jengkol Buat Emak Cantik"

  1. waduh Mak.. kagak suka jengkol. tapi orang tua suka makan jengkol.. wkwkw

    BalasHapus
  2. Jengkol is makanan favorit. Baik itu disemur atau dibumbu cabe.

    BalasHapus
  3. Klo dirumah, semur jengkol kurang laris, klo dicabein digoreng lagi beeeuh.. itu nasi dua bakul aja kayaknya ga berasa dah

    BalasHapus
  4. wah baru tau daun jambu biji bisa ngurangi bau jengkol. ngomong-ngomong semur jengkol itu menu kesukaan, duh tergoda banget liat fotonyaaa

    BalasHapus
  5. Wah.. jengkol, jadi ngiler. Kayaknya enak banget itu mak

    BalasHapus
  6. Mbak Milda keren, suka masak dan bagi resp juga. Sedap banget ini untuk menu makan keluarga.

    BalasHapus
  7. Jengki favorit nya mamakeh ini hihi

    BalasHapus
  8. Widiiih mantap kali ini Mbak. Aku ngilangainnya direbus aja sih nggak pakai jeruk. Boleh nih tipsnya. Baru tahu kalau pakai jeruk juga.

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah makan jengkol mba hihihi..penasaran juga sih..

    BalasHapus
  10. Baru tau cara membuat jengkol gak bau jengkol hihihi siaplah emak cantik. Aku emang paling ga suka ribet. Jadi kalau mau jengkol pesen aja sama kakak. Tapi boleh juga nyoba buat sendiri ya.

    BalasHapus