Senin, 15 Oktober 2018

Kapan Anak Sebaiknya Menggunakan Hijab

Assalammualaikum. Wr.Wb

Dear Emak Cantik, apakah anak perempuannya sudah menggunanakan hijab atau jilbab. Saya mempunyai tiga orang anak perempuan. Dengan usia sebelas tahun, lima tahun dan tiga tahun. Alhamdulillah sejak kecil sudah diajarkan menggunakan hijab atau jilbab. Meski tidak sering. Sejak kecil, jika hendak ke luar rumah. Anak-anak saya menggunakan hijab. Apalagi jika bepergian dengan menggunakan motor. Anak menggunakan hijab, agar tidak mudah masuk angin.


Dasar Hukum Jilbab

Dikisahkan bahwa perintah jilbab diturunkan saat zaman rasulullah SAW. Pada saat Rasulullah sering mengadakan jamuan makan bersama dengan tamu-tamunya. Karena tamu diundang ke rumah Rasulullah maka saat makan dan mengobrol mereka bebas keluar masuk rumah Rasul SAW. Hal ini berpotensi menimbulkan fitnah dimana istri-istri Rasul. Saat itu belum ada yang mengenakan hijab. 

Selain itu, perintah untuk menggunakan hijab ada langsung di dalam Al-Quran. 

Qs Al Ahzab ayat 59

Allah SWT kemudian menurunkan firmannya dalam surat Al Ahzab ayat 53 yang berbunyi
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتَ النَّبِيِّ إِلَّا أَنْ يُؤْذَنَ لَكُمْ إِلَىٰ طَعَامٍ غَيْرَ نَاظِرِينَ إِنَاهُ وَلَٰكِنْ إِذَا دُعِيتُمْ فَادْخُلُوا فَإِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِرُوا وَلَا مُسْتَأْنِسِينَ لِحَدِيثٍ ۚ إِنَّ ذَٰلِكُمْ كَانَ يُؤْذِي النَّبِيَّ فَيَسْتَحْيِي مِنْكُمْ ۖ وَاللَّهُ لَا يَسْتَحْيِي مِنَ الْحَقِّ ۚ وَإِذَا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتَاعًا فَاسْأَلُوهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ۚ ذَٰلِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ ۚ وَمَا كَانَ لَكُمْ أَنْ تُؤْذُوا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا أَنْ تَنْكِحُوا أَزْوَاجَهُ مِنْ بَعْدِهِ أَبَدًا ۚ إِنَّ ذَٰلِكُمْ كَانَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيمًا

Artinya...

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali bila kamu diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu diundang maka masuklah dan bila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa asyik memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu akan mengganggu Nabi lalu Nabi malu kepadamu (untuk menyuruh kamu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak (pula) mengawini isteri-isterinya selama-lamanya sesudah ia wafat. Sesungguhnya perbuatan itu adalah amat besar (dosanya) di sisi Allah. (QS Al Ahzab ayat 53)


Kemudian pada Surat dan Ayat...

QS Al Ahzab ayat 53

Perintah berjilbab juga disebutkan dalam ayat lain dalam Alqur’an yakni sebagai berikut

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمً

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Al ahzab ayat 59)

Hukum Memakai Jilbab

Anak-anak yang belum baligh, memang belum dkenakan hukum berhjab. Namun hal n perlu juga kta sampakan supaya sejak dn anak-anak juga sduah tahu dan mula memaham, hukum memaka jlbab. Tentu saja dengan bahasa yang bsa dmengert oleh anak-anak.
Hukum berhijab adalah wajib bagi setiap wanita muslim dan hal ini telah disebutkan dalam dalil-dalil mengenai perintah hijab di atas. Jilbab seorang wanita hendaknya menutupi aurat, yang dimaksud adalah seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini mengenai hukum memakai jilbab :
Kewajiban menutup aurat selain wajah dan telapak tangan

Dalam memakai jilbab seorang wanita harus menutupi seluruh auratnya sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut

” Aisyah R.ah berkata: asma’ binti Abi Bakar menemui Rasul SAW dengan pakaian tipis, seketika itu Rasul SAW berpaling seraya berkata: Hai Asma’, sesungguhnya jika perempuan telah haid, tidak lagi wajar terlihat darinya kecuali ini dan ini ( ia menunjuk wajah dan kedua tangannya)

wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (QS An Nur ayat 31)


Lalu, Kapan Anak Sebaknya Menggunakan Hijab

Sejak kecil, orang tua harus bisa mula membiasakan anak untuk berhijab dan berpakaan rap. Tidak menggunakan pakaian yang secara langsung menampakan aurat. Selan itu ajar juga anak menggunakan hijab. Misalnya pada saat bepergian, menghadiri suatu jamuan, ke masjd, dan sesekali jika bepergian 

Sejak dini sebaiknya anak udah diajarin ya Mak :))

11 komentar

1 November 2018 00.04 Delete comments

kalo punya anak cewek nanti, pengen kubiasain pakai jilbab sejak kecil Insya Allah mbak. Biar ga pusing nguncir aneka model. haha

Reply
avatar
13 November 2018 19.57 Delete comments

Alhamdulillah Ney jg sudah dibiasakan untuk pakai jilbab kalo pergi-pergi, hanya saja kalo dia merasa suntuk dan kepanasan, suka ditariknya. Semoga aja saat dewasa nanti sudah terbiasa dengan hijab.

Reply
avatar
16 November 2018 10.54 Delete comments

Insyaallah mbak, nih tips mendidik yang baik sejak dini yang perlu dilakukan oleh orang tua sekarang

Reply
avatar
16 November 2018 18.14 Delete comments

Adis masih lepas pasang nih jilbabnya. Tapi di sekolah jilbaban terus kok.

Reply
avatar
16 November 2018 19.49 Delete comments

Fira dari sd kelas 1 udah pake jilbab kemana-mana.. tapi masih sering lepas. Pas kelas 3 udah muncul rasa malu kalau keluar nggak pake jilbab hehe. Memang harus dibiasakan dari kecil ya

Reply
avatar
16 November 2018 19.51 Delete comments

Kalau dibiasakan dari kecil akan lebih mudah pas masa dewasanya

Reply
avatar
17 November 2018 17.37 Delete comments

Memang harus di biasakan sejak kecil nih.. Makasih infonya mak, spa tau bisa dapat rejeki anak cewek

Reply
avatar
18 November 2018 06.16 Delete comments

Ala bisa karena biasa ya mi. Kalo udah dibiasakan sejak dini, Insya Allah ga berat makenya pas udah baligh :)

Reply
avatar
18 November 2018 06.34 Delete comments

Intan baru pake jilbab pas kuliah mi & rasanya beraaaaat karena gak terbiasa.
Bagusnya sih emang dibiasakan sejak kecil ya.

Reply
avatar
18 November 2018 07.40 Delete comments

Udah pake jilbab dari SMA. Mskipun krna ikutan temen yang udah jilbaban duluan, tp alhamdulillah smpe sekarang tetep pakee

Reply
avatar