Senin, 10 September 2018

Obat Cacing Alami untuk Anak-anak

Assalammualaikum Wr.Wb

Dear Emak Cantik,gimana kabar kesehatan anak-anak di rumah. Apa ada yang cacingankah. Kalo ada, gimana ? udah minum obat cacing apa belum? Susah ga memberikan obat cacing pada anak-anak. Kalo anak saya yang Athifah (lima tahun), sudah lumayan enak, dikasih  obat sudah bisa diajak kerjasama. Ga lama obatnya diminum, meski tetap dengan iming-iming. Misalnya dikasih hadiah.

Tapi kalo Anansya, butuh trik dan tips tertentu untuk membuat anak tiga tahun itu mau minum obat.tapi anansya lebih suka makan sayur, bahkan sayur mentah bisa dia lalap. Kayak kol, dengan santai anansya makan Kol mentah. 


Ada banyak sih, merk obat cacing yang dijual di toko obat.  Kita tinggal memilih sesuai kebutuhan anak. Harga obat cacing juga bervariasi.Bisa juga disesuaikan.

Namun, kalo pengen obat cacing alami, kita bisa menggunakan petai Cina sebagi obat cacing untuk anak. Tanaman ini juga kebetulan tumbuh di halaman rumah saya dan sedang berbuah. Cocok sekali buat obat cacing bagi Annasya yang senang makan lalapan.

Mengenal Petai Cina

Biji dari tanaman petai Cina atau sering disebut dengan Lamtoro ini sudah menjadi makanan yang umum disantap masyarakat Indonesia seperti diolah menjadi botok, menjadi lalapan mentah dalam nasi pecel dan berbagai olahan makanan lezat lainnya. Namun perlu anda ketahui jika lamtoro yang biasanya dijadikan lauk ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan bermanfaat untuk mengatasi segala macam penyakit. Tanaman petai Cina ini juga sering digunakan untuk tanaman peneduh, pencegah erosi, penghasil kayu bakar, sumber pakan ternak dan juga peneduh tanaman kopi.

Pas, matang banget loh Petainya


Nama Lain Petai Cina

Pada tanaman perdu yang memiliki bongkol bunga berwarna putih ini memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh yakni protein, zat besi, kalsium, fosfor, lemak nabati, vitamin B1, vitamin A, vitamin C, karbohidrat, leukanol, leukanin dan juga mimosin sehingga khasiat petai cina sangat besar. Petai cina atau petai selong ini juga memiliki banyak nama berbeda seperti pelending, peuteuy selong [Sunda], Lamtoro [Jawa], Kalandhingan [Madura], petai belalang [Malaysia], ipil-ipil, elena [Filipina], krathin [Thailand], white leadtree [Inggris], faux mimosa [Perancis] dan juga Leucaena Leucocephala untuk nama ilmiahnya.

Kandungan Gizi Petai cina

Daun Pete Cina adalah bahan makanan nabati yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Daun Pete Cina mengandung energi sebesar 128 kilokalori, protein 12 gram, karbohidrat 12,4 gram, lemak 6,5 gram, kalsium 1500 miligram, fosfor 100 miligram, dan zat besi 3 miligram.  Selain itu di dalam Daun Pete Cina juga terkandung vitamin A sebanyak 17800 IU, vitamin B1 0,04 miligram dan vitamin C 64 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Daun Pete Cina, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 40 %.

Sekali makan nih sama Anansya


Petai Cina Sebagai Obat Cacing Alami

Petai cina juga ternyata sangat efektif dalam mengobati cacingan baik pada anak ataupun dewasa. Hal ini dikarenakan, petai cina terdapat beberapa senyawa yang dapat membunuh dan mengeluarkan cacing yang ada di dalam tubuh. Cara untuk mengkonsumsinya  yaitu dapat dimakan secara langsung petai yang sudah tua atau menghaluskan petai cina yang sudah kering dan kemudian diseduh dengan air panas. Agar rasanya disukai anak-anak, anda dapat mencampurkan parutan gula merah. 

Bahan 
Biji petai cina yang sudah tua dan kering, sebanyak kira-kira 5 gram.

Cara Membuat:
Sangrai/digoreng tanpa minyak dan ditumbuk halus (dibuat bubuk). Kemudian ambil 1 sendok dan diseduh dengan ½ – 1 gelas air panas (seperti membuat kopi). 

Cara Menggunakan: 
Diminum menjelang tidur malam dalam kondisi dingin. 

Selamat mencoba, salam Emak Cantik 

25 komentar

19 September 2018 05.00 Delete comments

Wah baru tau petai cina bagus buat obat cacing
Selama ini saya taunya dijadiin bothok doang
Enaaaaak

Makasi resepnya mbak
Simpel banget ternyata ya

Reply
avatar
19 September 2018 05.28 Delete comments

Waaaah beneran petai cina bisa untuk obat cacing alami? waaaah,langsung mau masak lauk pake petai cina ah untuk anak anak. Makasi infonya yaaaa

Reply
avatar
19 September 2018 06.32 Delete comments

Petai cina bisa buat obat cacing ternyata yaak. Tambah wawasan bermanfaat BW kesini

Reply
avatar
19 September 2018 07.17 Delete comments

wahh beneran ini?? aku baru tau lho mbak. tengkiuu banget yaaa infonya

Reply
avatar
19 September 2018 08.30 Delete comments

Sering konsumsi ini, tadinya sekedar lalapan teman sambal, ga taunya obat cacing yang efektif juga.

Reply
avatar
19 September 2018 17.42 Delete comments

Oalah baru tau petai cina bisa jd obat cacingan... saved artikelny ah

Reply
avatar
19 September 2018 18.27 Delete comments

Waah baru tahu petai cina bisa jadi obat cacing. Makasih infonya, Mbak.

Reply
avatar
19 September 2018 21.31 Delete comments

sumvah baru tau lamtoro buat obat cacing biasanya lamtoro buat dipake buntil hahaha

Reply
avatar
20 September 2018 08.28 Delete comments

ternyata obat alaminya pakai Petai Cina toh, wah bisa dicoba segera nih. Terima kasih resepnya mba.

Reply
avatar
20 September 2018 09.05 Delete comments

Wa'alaikumsalam Wr. Wb..

Padahal yang alami ini rata-rata mudah untuk ditemukan ya, Teh.
hanya saja sebagian orang terkadang belum tahu.

Semoga membantu para pembaca yang membutuhkan.
Dan, salam kenal :)

Reply
avatar
20 September 2018 10.50 Delete comments

Aduh duuh baru tau petai cina kegunaan nya bisa dipake buat ini..

Reply
avatar
20 September 2018 13.16 Delete comments

serius ini bisa buat jadi obat cacing mba? baru tau loh, di kampung ku dulu pete cina suka dijadiin lalapan lho...

Reply
avatar
20 September 2018 15.54 Delete comments

Biasanya aku pakai petai cina buat makan aja buat penambah sayuran. Dan sama seperti yang lain, aku juga baru tahu kalau petai Cina ini bagus untuk obat cacing alami ya :)

Reply
avatar
20 September 2018 19.13 Delete comments

Petai cina ini enaknya dioseng sama pindang pedes, duh saya jadi laper hehe. Baru tau kalau petai cina ini obat cacing alami untuk anak.

Reply
avatar
sae
21 September 2018 01.42 Delete comments

Oh petai cin bisa dijadikan obat ya..

Reply
avatar
21 September 2018 02.30 Delete comments

Saya malah baru tau kalau petai cina bisa untuk dijadikan obat. Biasanya langsung obat dari apotek aja. Malah lebih aman kalau alami begini, ya

Reply
avatar
21 September 2018 06.27 Delete comments

Pantesan aja dulu waktu masih kecil suka dikasih peuteuy selong sama mamah, baru tau ternyata sebagai obat cacing yah

Reply
avatar
21 September 2018 17.23 Delete comments

Petai Cina hmmmm, kalau gak salah yang di Jawa disebutnta Lamtoro itu kan ya?
Kalau di tempatku tu suka dipakai buat campuran urap atau makanan sejenis urap namanya Trancam hehe

Reply
avatar
22 September 2018 01.15 Delete comments

Waah baru tau kalau petai cina bisa buat obat cacing. Minumnya malam2 ya. Sip deh. Ga susah juga buatnya. Selama ini sih saya buatnya jadi botok. Xixixi

Reply
avatar
23 September 2018 01.28 Delete comments

Ah iya...dari kecil ibu saya suka cerita tentang manfaat pete cina ini, sudah punya anak malah lupa tentang ini, jadi serasa diingatkan cerita masa kecil :)

Reply
avatar
23 September 2018 03.49 Delete comments

Waktu kecil aku seneng banget makan petai cina dan kebetulan di depan rumah tumbuh pohonnya. Karena keseringa, cacing-cacing di perut juga jadi sering keluar. malah terasa tersiksa karena tiap malam harus ngerasain gatal yang parah karna si cacing mau keluar.

Reply
avatar
23 September 2018 08.39 Delete comments

wah asli baru tau kalo petai cina bisa dibikin obat cacing, alami pula ya..

Reply
avatar
23 September 2018 15.56 Delete comments

Aku waktu kecil juga senang makan ini.ternyata obat cacing ya.

Makanya waktu kecil gak cacingan...kali. hahahaha...padahal mainan jorok...

Reply
avatar
23 September 2018 21.26 Delete comments

Aku baru tahu loh kalau Petai Cina bisa dipakai untuk Obat Cacing, taunya dimakan aja dalam bentuk botok.hehe ternyata manfaatnya ini bagus yah, bersyukur deh jadinya berarti aku aman dari cacingan :D

Reply
avatar
29 September 2018 09.11 Delete comments

Mba maaf itu judul di atas ada typo sedikit cancing, maksudnya cacing ya. Anak-anak memang harus diberikan obat cacing, biasanya 6 bulan sekali. Bener ga ya?

Reply
avatar