Kamis, 23 Agustus 2018

Kandungan Gizi Daging Sapi

Assalammualaikum Wr.Wb

Dear Emak Cantik, dapat ga jatah daging Kurban, hehehe. Memang lebaran Idul Adha ini menjadi momen berbagi kecerian dalam bentuk daging. Yah, kita semua tahu harga daging masih dianggap mahal oleh sebagian orang, bahkan banyak juga yang jarang banget makan daging. Bersyukurlah Allah SWT memberikan kita lebaran Idul Adha ini, jadi bisa berbagi daging kepada sesama, terutama kepada orang yang tidak mampu.

Sebenarnya daging selain mahal juga banyak kandungan gizinya. Oleh karena itu meski mahal , orang-orang juga banyak yang berupaya untuk makan daging. Minimal sebulan sekali, atau lebih baik lagi seminggu sekali.

Sering makan daging juga ga baik buat kesehatan loh, bukan saja buat kantong, hihihi.

Kita cek ya, kandungan gizi daging itu apa saja
Hasil sebagian pemotongan daging, saat Idul Adha di tempat saya

Kandungan Gizi Daging Sapi

Daging sapi tak hanya lezat diolah menjadi berbagai macam sajian kuliner saja, namun jenis daging merah satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Manfaat daging sapi ini bisa kita dapatkan dari kandungan gizi di dalamnya. Apa saja kandungan gizi daging sapi yang sebenarnya? berikut beberapa gizi yang akan kamu dapatkan dari konsumsi daging sapi:

– Kalori
– Protein
– Zat besi
– Selenium
– Seng dan zinc
– Vitamin B kompleks
– Omega 3

Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali khasiat daging sapi yang bisa kita dapatkan, mulai dari mencegah penyakit sampai mengobatinya. Berikut beberapa manfaat daging sapi bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

Zat besi

Zat besi termasuk kedalam nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Tanpa zat besi, tubuh tidak akan mampu memproduksi sel-sel darah secara optimal. Sehingga akan menyebabkan anemia (kekurangan sel darah merah).

Maka dari itu, cegahlah anemia dengan mengonsumsi daging sapi secara rutin. Selain dapat mencegah dan mengatasi anemia, konsumsi zat besi yang cukup juga bermanfaat untuk:
– Mencegah bayi dalam kandungan lahir cacat
– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
– Meningkatkan semangat belajar
– Mengoptimalkan proses metabolisme
– Mengatasi lemas, lesu, dan nyeri saat haid

Protein

Seperti kita ketahui bersama, daging sapi cukup terkenal dengan kandungan protein i dalamnya. Kandungan protein di dalam daging sapi termasuk kedalam jenis protein hewani. Ada banyak sekali manfaat daging sapi berkat adanya protein ini, mulai dari meningkatkan kecerdasan anak sampai dengan membentuk masa otot.

Selenium
Selenium termasuk kedalam antioksidan yang cukup baik untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh kita terhadap serangan penyakit. Sebenarnya kandungan selenium yang tinggi tidak hanya terdapat pada daging sapi saja, tetapi juga terdapat daging kambing dan telur.

Seng dan zinc

Apakah kamu memiliki masalah seputar reproduksi? Jika benar, maka konsumsilah daging sapi secara rutin. Menurut penelitian yang dilakuka oleh WHO, daging sapi mengandung senyawa seng dan zinc yang cukup tinggi. Kedua kandungan gizi daging sapi inilah yang menjadikannya sangat bermanfaat untuk menjaga sistem reproduksi pria  dan wanita.

Untuk pria, kandungan seng dan zinc dapat membuat kualitas sperma menjadi meningkat. Sedangkan untuk wanita sangat berperan dalam menjaga sel telur dan menormalkan siklus mentruasi.

Vitamin B Kompleks

Manfaat daging sapi selanjutnya berasal dari kandungan nutrisi vitamin B kompleks. Menurut para ahli gizi, kandungan vitamin B kompleks sangatlah baik untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat (otak) agar dapat bekerja secara maksimal. Dengan kata lain, khasiat daging sapi untuk kecerdasan sangatlah besar.

Omega 3

Kandungan gizi daging sapi yang terakhir adalah asam lemak omega 3. Manfaat omega 3 ada banyak sekali, mulai dari menjaga kinerja jantung, hati, dan bagian otak. Dalam 150 gram daging sapi mengandung sekitar 30 gram asam lemak omega 3. Oleh sebab itu, jika ingin tubuh dan otak tetap bekerja secara optimal, konsumsilah daging sapi secara rutin setiap harinya.

Nah, Emak Cantik penting banget ya konsumsi daging, yuk menabung dan menjadwalkan makan daging secara rutin untuk keluarga kita,

Referensi Wirapax

0 komentar