Kamis, 16 Agustus 2018

Benda-benda yang Biasa Ditemukan Pada Pencandu Narkoba

Assalammualaikum Wr.Wb

Dear Emak Cantik, bulan lalu kita memperingati Hari Anti iNarkotika Internasional atau yang disingkat dengan sebutan HANI. Peringatan HANI ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah tingkat kota di seluruh Indonesia. Untuk kota Bengkulu dipusatkan di halaman kantor Walikota Bengkulu di daerah Bentiring.

Peringatan HANI ini menjadi penting mengingat pengguna narkoba di Indonesia tercatat sebanyak 5,1 juta jiwa . Setiap tahun sekitar 15 ribu jiwa melayang karena menggunakan Narkoba. Menurut bapak Penyuluh Narkoba dari BNN Kota Nuche Marlianto, SKM, MSi, MKM bahwa setiap hari ada sekitar 30 orang meninggal. 

Bapak Nuche sedang menjelaskan tentang Benda-benda yang biasa pencandu narkoba gunakan

Pengguna narkoba paling banyak itu berada di usia produktif 24-30 tahun. Wuiiih, targetnya anak muda. Ya, anak-anak kita. Oleh karena itu Emak Cantik harus waspada dan berusaha mencari tahu mengenai Narkotika dan mulai mengenal hal-hal yang berkaitan dengan narkoba ini.

Pengertian

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintesis maupun semisintesis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Benda-benda dan hal yang biasa ditemukan

Bau ganja diruangan dan pakaian 
Kemenyan, dupa dan penghilang bau ruangan 
Tetes mata, pencuci mulut 
Rokok ganja (tergulung, pelintir)
bedak, biji benih, daun, jamur 
Kapsul/ tablet
Kertas penggulung rokok 
Pipa, filter pipa, kasa, saringan 
Sendok kecil , sedotan, silat, cermin 
Botol, kotak, kaleng yang tidak biasanya atau terkunci 
Tas plastik atau botol kaca kecil 
Buku yang berhubungan dengan zat psikoaktif 
Keluarga adalah pencegah dan pengobat narkoba yang paling mujarab

Apa yang Harus dilakukan

Pererat jalinan keluarga 
Lingkungan  rumah bebas narkoba 
Tebalkan iman 
Mengeluarkan teman dari jerat narkoba 
Gerakan pencegahan penyalahgunaan narkoba

Hal ini disampaikan oleh bapak Nuche Marlianto, SKM, MKM saat acara diseminasi P4GN di Hotel Exra tanggal 16 Agustus 2018. Acara ini digelar oleh Badan Narkotika Nasional Kota Bengkulu selama dua jam. Dari jam delapan pagi hingga jam dua belas siang.

Peserta yang hadir pada acara ini ada sekitar empat puluh orang yang merupakan perwakilan dari Blogger Bengkulu dan Bengkulu Youth Forum

Salam Emak Cantik...

12 komentar

19 Agustus 2018 23.26 Delete comments

Serem juga ya liat benda-beda yang biasa ada pada pecandu narkoba

Reply
avatar
20 Agustus 2018 04.58 Delete comments

Indonesia Darurat Narkoba. Hal ini karena angka penyalahgunaannya yang terlalu tinggi. Semoga angka ini semakin tahun semakin turun

Reply
avatar
20 Agustus 2018 18.35 Delete comments

Ngeri deh kalau udah ngomongin tentang narkoba

Reply
avatar
20 Agustus 2018 20.33 Delete comments

Semoga kita tidak pernah menemukan benda-benda tersebut di dalam rumah atau kerabat dekat kita. Semoga anak-anak muda zaman sekarang juga bisa memilah pergaulan agar tidak terjerat dalam lubang hitam narkoba.

Reply
avatar
20 Agustus 2018 20.45 Delete comments

Harus lebih ekstra ya mengawasi anak remaja kita,
Penguatan dalam keluarga tetep yang pertama dn utama

Reply
avatar
21 Agustus 2018 01.22 Delete comments

jadi musti seringsering cek kamar anak...

Reply
avatar
21 Agustus 2018 03.05 Delete comments

Kudu selalu waspada ya tapi ngga paranoid..

Reply
avatar
21 Agustus 2018 05.19 Delete comments

ngeri lihatnya...semoga kita dan seluruh keluarga kita nggak sampai kena ma yang namanya narkoba. aamiin

Reply
avatar
21 Agustus 2018 09.53 Delete comments

Ya Allah, banyak banget ternyata yang kena narkoba di Indonesia. Udah nyamain jumlah penduduk negara Finlandia aja.

Reply
avatar
21 Agustus 2018 14.34 Delete comments

Semoga keluarga kita terhindar dari jeratan narkoba ya, mbak. Harus waspada nih kalau ada barang-barang di atas di kamar anak atau adik

Reply
avatar
22 Agustus 2018 18.59 Delete comments

Temanku ada yang jadi korban narkoba, walaupun bukan bentuk ganja tetapi kayaknya lebih ke pil gitu yang dikonsumsi... dan benar anaknya kecanduan. Sekarng udah nikah anaknya, gak tau lagi kabarnya gimana.. semoga sudah bisa lepas dari narkoba

Reply
avatar
25 Agustus 2018 23.54 Delete comments

Ya Allah Mb, semoga Allah melindungi kita dari benda benda haram itu ya Kak

Reply
avatar