Minggu, 27 Mei 2018

Kandungan Gizi Wortel yang Banyak Belum diketahui Orang

Assalamualaikum. Wr.Wb
www.emakcantik.com_ Kandungan gizi wortel. Anak bungsu saya Annasya suka banget ngemil wortel. Tapi dalam keadaan masak. Apalagi dimasak SOP. Saya suka menambah banyak wortel untuk Annasya. 

Yang kita ketahui sejak dulu , adalah bahwa wortel bagus dimakan karena baik untuk kesehatan mata. 


Itu terus ya yang Emak ingat. Padahal banyak sekali loh kandungan gizi dan manfaat dari wortel ini. 

Nah, di buku saya yang berjudul Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah. Juga membahas soal kandungan gizi wortel yang baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui, terutama untuk golongan darah A.

Ada yang kenal dengan Emak kece satu ini :)

Yuk, Emak kita cek dan ketahui kandungan gizi wortel itu apa saja. Supaya lebih semangat makan wortel.

Kandungan Gizi Wortel:

a.    Kalori. 

Satu porsi jus atau sekitar 250 ml mengandung sekitar 80 kalori. Bagi Emak yang membutuhkan asupan 2000 kalori per hari, maka secangkir jus wortel sudah memenuhi sekitar 4 persen dari asupan total kalori harian.

b.    Vitamin A. 

Jika Emak minum secangkir jus wortel, maka Emak sudah memenuhi sekitar 340 persen dari kebutuhan harian vitamin A yang direkomendasikan.

c.    Kalium. 

Kalium adalah elektrolit penting yang juga sangat Emak butuhkan. Dengan meminum secangkir jus wortel, berarti Emak sudah mendapatkan 18 persen dari kebutuhan harian yang dianjurkan.

d.    Zat Besi. 

Satu cangkir jus wortel Atau sekitar 250-250 ml  menyediakan sekitar 1,1mg zat besi. Hal ini berarti Emak sudah memenuhi sekitar 14% kebutuhan harian zat besi yang direkomendasikan.

e.    Vitamin C. 

Seratus gram wortel yang diolah menjadi satu gelas jus untuk porsi takaran 250 ml  mengandung vitamin C sebanyak 3 miligram yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Jus wortel mengandung vitamin C sebanyak 3 miligram yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.

f.    Vitamin E. 

Emak juga akan mendapatkan 0,3 miligram vitamin E dari 100g jus wortel. Fungsinya yaitu membentuk hormon dan menjaga kesehatan sel-sel stubuh.

g.    Vitamin B. 

Seratus gram jus wortel segar menyediakan 0,01 miligram vitamin B1, yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga sistem saraf dan otak. Wortel juga mengandung 0,02 miligram vitamin B2 yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan mata dan metabolisme.

Alhamdulillah ya , ternyata banyak sekali kandungan gizi wortel. Emak jadi semangat mendukung Annasya untuk makan wortel. 


Saya sih suka juga makan wortel. Dibikin apa aja suka. Asal masak. Kalo mentah ga kuat makan. Palingan  pasmau makan di restoran Hoka-hoka Bento. Dimana wortel diiris halus. Ada mayonaise. Enak aja makannya. 

Di luar itu, ga pernah nyoba makan mentah. Kebayang Kelinci ya. Giginya yang kuat makan wortel. Emak takut berubah jadi kelinci yaak, hihihi.

Kalo Emak gimana , suka makan wortel apa gak. Suka makan yang mentah atau masak. 


15 komentar

30 Mei 2018 22.41 Delete comments

aku suka makan wortel dalam keadaan mateng atau mentah oke , apalagi salad gitu enaaak

Reply
avatar
30 Mei 2018 22.43 Delete comments

Kalau yg di hokben mah memang sudah diberi garnis lain, makanya jadi enak, Mba. Tapi manfaat wortel juga bisa mengurangi minus mata loh, Mba.

Reply
avatar
31 Mei 2018 04.45 Delete comments

Itu emak kece badai teman saya tidur waktu di Westlake Yogyakarta...

Alhamdulillah Fahmi putra saya suka wortel juga. Kalau yg besar saya masak. Kalau yg kecil2 muda, bisa juga kami makan mentah sebagai lalapan...

Reply
avatar
31 Mei 2018 06.20 Delete comments

Saya juga suka wortel mbak. Apalagi di juice campur dengan tomat. Enak banget, apalagi ditambahin es. Seger banget

Reply
avatar
31 Mei 2018 11.49 Delete comments

Banyak ya zat gizi yang terkandung dalam wortel. Tahunya vitamin A saja. TFS, Mbak.

Reply
avatar
31 Mei 2018 16.13 Delete comments

Buat para blogger yang lama liat layar gadget, wortel bisa jadi sahabat untuk kesehatan mata.

Reply
avatar
31 Mei 2018 16.31 Delete comments

Saya juga ga terlalu suka yang mentah sih, paling seneng kalau sudah dicampur jadi bala-bala hehe..

Reply
avatar
31 Mei 2018 19.13 Delete comments

Aku lbih suka dimakan mentah mba, klo ngga dikukus trus cocol smbel bergung bngt kandungan wortel buat kit a trnyata

Reply
avatar
31 Mei 2018 19.38 Delete comments

Aku suka wortel, kebetulan hari ini masak sup wortel juga hehe.
Wortel yang dimakan mentah aku juga suka, apalagi yang dibikin salad :D

Reply
avatar
1 Juni 2018 02.28 Delete comments

Aku suka wortel, apalagi yang masih muda. Meskipun mentah rasanya manis

Reply
avatar
1 Juni 2018 09.24 Delete comments

wortel aku suka.. aku suka..

Reply
avatar
1 Juni 2018 10.15 Delete comments

Aku pecinta wortel seminggu beli 2 kilogram untuk di juice.

Reply
avatar
1 Juni 2018 13.04 Delete comments

Baby wortel enak dimakan mentah, tinggal dicuci bersih bisa langsung dimakan, enak rasanya ada manis2 segernya.

Reply
avatar
1 Juni 2018 20.43 Delete comments

Aku suka wortel yang kecil-kecil manis soalnya, kalau wortel besar kurang manis menurutku.

Reply
avatar
2 Juni 2018 19.58 Delete comments

Gak salah deh aku suka sama wortel, rasanya manis dan manfaatnya banyak.

Reply
avatar