Kamis, 24 Mei 2018

Berusaha, Menjadi Ibu yang Dimuliakan Oleh Islam

Assalamualaikum.Wr.Wb
www.emakcantik.com_Islam Memuliakan Para Ibu. Alhamdulillah ya Emak, kita bisa menjadi ibu. Yang diberi kesempatan untuk merawat dan mendidik anak-anak. Bagi yang belum menikah dan belum dikaruniai anak. Tetaplah bersabar. In sya Allah Emak akan segera menikah dan punya anak. Selalu berharap dan berdoa kepada Allah saja. Dibarengin dengan ikhtiar halal. 

Seorang muslimah apa lagi seorang ibu, secara khusus banyak disebut dan diceritakan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur’an. Begitu indah pesan perintah Allah kepada umat Islam untuk memuliakan ibu dan berbuat baik kepadanya. 

Bukan hanya seorang ibu yang seiman dengan anaknya yang harus mendapatkan perlakukan istimewa, melainkan seorang ibu yang kafir pun tetap harus mendapatkan perlakukan istimewa dari anaknya, selagi sang ibu tidak memaksa mengajak pada kekafiran. 

Ibu saya, sekarang beliau sudah berusia hampir 75 tahun lebih

Di dalam Surah Luqmân Ayat 14-15 dijelaskan oleh Allah perintah untuk berbuat baik kepada kedua orang tua, terutama kepada ibu, ”Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. 

Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. 

Hanya kepada Aku kembalimu. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beri tahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS Luqmân [31]: 14-15)

Di dalam Al-Qur’an, setiap kali Allah memberikan perintah untuk menghormati dan berbuat baik kepada orang tua. Kata ”Ibu” lebih dulu disebutkan daripada kata ”Bapak”. Itu artinya derajat ibu lebih tinggi daripada bapak. Walaupun demikian, kita tetap harus wajib memuliakan bapak juga. 

Bahkan, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari (5971) dan Muslim (2548) disebutkan: Abu Hurairah r.a. menceritakan bahwa seorang lelaki datang menemui Rasulullah saw. dan bertanya, ”Ya Rasulullah, siapakah orang yang harus saya layani dengan sebaik-baiknya?” 

Rasulullah saw. menjawab, ”Ibumu.” 

Dia bertanya lagi, ”Siapa lagi, ya Rasulullah?” 

Rasulullah saw. menjawab, ”Ibumu.” 

Dia bertanya lagi, ”Kemudian siapa lagi, ya Rasulullah?” 

Rasulullah saw. menjawab, ”Ibumu.” Dia pun bertanya lagi, 

”Kemudian siapa lagi?” Rasulullah saw. menjawab, ”Bapakmu.” 

Lalu, ada juga hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari (5975) dan Muslim (4457) menjelaskan, 

”Sesungguhnya Allah mengharamkan bagi kalian berbuat durhaka kepada ibu.”
Ibu saya bersama ibu mertua kakak saya, waktu acara makan keluarga 

Dalam Surah al-Ahqâf Ayat 15 juga dijelaskan, ”Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, ’Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.’” (QS al-Ahqâf [46]: 15)

Kemudian ada lagi dijelaskan kemuliaan seorang Ibu, 

”Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. 

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ’ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ’Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’” (QS al-Isrâ’ [17] :23-24)

Demikianlah hanya sebagian kecil saja cerita atau kisah kemuliaan seorang ibu di dalam ajaran Islam. Sebenarnya, masih banyak lagi jika kita akan membahasnya secara rinci dan dapat jadi itu akan menjadi sebuah buku baru, ya. 

Namun, penjelasan di atas tentang kemuliaan menjadi seorang ibu, saya rasa sudah menjadi tambahan motivasi untuk kita menjadi seorang ibu, terutama ibu yang baik. Âmîn.
Buku ini bisa dibeli secara online di web Tiga serangkai atau di E-COMMERCE 

Penjelasan dan bahasan mengenai menjadi seorang Ibu yang dimuliakan oleh Allah dan siapa saja contoh teladan para wanita mulia di zaman Rasulullah bisa Emak cantik dapatkan infohnya dengan membaca buku saya yang berjudul Smart and Happy Mom ( Menjadi Ibu Rumah Tangga Berlimpah Pahala )

Semoga bermanfaat ya Emak cantik. 

15 komentar

24 Mei 2018 22.49 Delete comments

Menjadi seorang ibu memang tidak mudah ya mba, tapi alhamdulillah banyak buku-buku yang mengajarkan kita bagaimana caranya menjadi ibu yang baik dalam Islam ☺

Reply
avatar
24 Mei 2018 23.13 Delete comments

Saya jadi penasaran pengen baca bukunya biar saya menjadi ibu yang banyak pahalanya, aamiin

Reply
avatar
25 Mei 2018 02.26 Delete comments

Menjadi ibu adalah suatu panggilan yang mulia dan jelas tidak mudah... jasanya tak terlupakan.

Reply
avatar
25 Mei 2018 04.45 Delete comments

Wah, saya kudu baca buku ini. Saya masih jadi anak yang, ihiks... masih sering nyusahin ibu.

Reply
avatar
25 Mei 2018 06.10 Delete comments

Wah, saya juga sedang membaca buku mbak Milda ini.. menambah wawasan bagaimana harus bersikap sebagai ibu dan terhadap ibu selagi masih ada

Reply
avatar
25 Mei 2018 06.41 Delete comments

Mau nih baca bukunya, biar dapat pengetahuan

Reply
avatar
25 Mei 2018 06.52 Delete comments

baca ini jadi inget ibu di rumah, semoga bisa selalu berbakti dan membanggakan beliau.

Reply
avatar
25 Mei 2018 07.20 Delete comments

Ibu memang luar biasa. jadi yang pertama menjadi panutan anak anaknya. semoga terus istiqomah ya moms

Reply
avatar
25 Mei 2018 14.35 Delete comments

Ibu memang sangat luar biasa, jasanya tak akan pernah mampu digantikan oleh apapun. Semoga bukunya bisa menginspirasi banyak orang ya Mba. Aamiin...

Reply
avatar
25 Mei 2018 16.29 Delete comments

Semoga ibu Mak Milda selalu sehat, sukses juga untuk bukunya...

Reply
avatar
25 Mei 2018 18.09 Delete comments

Baru kerasa jadi ibu enggak mudah setelah jadi ibu sendiri hehe...
Wah itu bukunya ditulis sama Mbak Milda ya?
Udah bisa didapat di toko buku blm?
Penasaran isinya :D

Reply
avatar
26 Mei 2018 03.21 Delete comments Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
26 Mei 2018 07.24 Delete comments

Alhamdulillah ya Mba Islam mengajarkan kita tentang semua hal termasuk soal ibu

Reply
avatar
26 Mei 2018 07.30 Delete comments

Itulah kenapa ibu diberikan keistimewaan 😊

Reply
avatar
26 Mei 2018 18.25 Delete comments

Terima kasih sharingnya sangat bermanfaat. Peran seorang ibu memang sangat mulia. Semoga semua ibu diberikan keberkahan kesehatan dan usia yang panjangbagar lebih banyak orang yang bisa memanfaatkan waktu untuk mengabdi kepada IBU. Dan untuk semua ibu yang telah meninggal dunia, Abby kirimkan Al-Fatihah.

Reply
avatar